Haikou, China (ANTARA) - Sebuah katalog yang memuat daftar 105 bank plasma nutfah tanaman tropis di China dirilis pada hari Kamis, menggarisbawahi upaya negara tersebut untuk melestarikan dan memanfaatkan sumber daya tanaman tropisnya.

  Bank-bank itu tersebar di delapan provinsi dan daerah otonom, termasuk Hainan, Guangdong, dan Xizang, demikian menurut katalog yang dirilis oleh pusat pengembangan ekonomi China State Farms dalam sebuah acara pertukaran di Haikou, ibu kota Hainan, sebuah provinsi berbentuk pulau di China selatan.

Sampai saat ini, bank-bank plasma nutfah tersebut berisi lebih dari 90.000 sumber daya, dengan 73 bank di antaranya dikhususkan untuk satu tanaman, seperti pohon karet, leci, dan mangga, kata Huang Hui, selaku wakil direktur China State Farms.

Sumber daya plasma nutfah tanaman tropis memainkan peran penting dalam keanekaragaman hayati China dan berfungsi sebagai landasan bagi pembangunan berkelanjutan industri tanaman tropis negara tersebut. Pada 2008, Kementerian Pertanian dan Urusan Pedesaan China meluncurkan sebuah proyek untuk melindungi sumber daya tanaman tropis.

Huang mengatakan bahwa peluncuran katalog itu bertujuan untuk menyempurnakan bank plasma nutfah dan memfasilitasi transformasi serta penerapan pencapaian ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) dalam industri benih, sehingga memberikan panduan penting bagi masa depan sektor benih tanaman tropis China.


 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024