Tokyo, (ANTARA/PRNewswire)- Internet Initiative Japan Inc. (IIJ) (TSE Prime: 3774), salah satu pemimpin industri yang menawarkan solusi keamanan siber Zero Trust, meluncurkan Safous Industrial SRA, solusi canggih yang melindungi akses jarak jauh dan akses khusus (privileged access) untuk Teknologi Operasional (Operational Technology/OT). Dirancang dengan prinsip-prinsip Secure Remote Access (SRA) dan Remote Privileged Access Management (RPAM), solusi baru ini menyediakan akses aman dan mudah yang kian dibutuhkan untuk sistem industri penting.

Ketika ancaman siber kian sering menyasar sistem OT--khususnya di sektor manufaktur, energi, dan infrastruktur penting--maka, akses aman dan terkelola dengan baik pun semakin vital. VPN konvensional memiliki kerentanan, seperti kredensial curian, sehingga peretas lebih mudah menembus sistem OT. Safous Industrial SRA mampu memitigasi risiko tersebut dengan menawarkan solusi Zero Trust yang lengkap, memadukan akses jarak jauh dengan pengendalian manajemen akses khusus secara ketat. 

Safous Industrial SRA dari IIJ memastikan berbagai perusahaan dapat melindungi akses jarak jauh sekaligus mengendalikan akses khusus dalam OT yang terisolasi dari jaringan yang tidak aman. Solusi ini menawarkan Point of Presence (POP) internal khusus di setiap fasilitas, sepenuhnya terisolasi dari jaringan internet publik. Maka, sebuah perusahaan bebas mengelola akses khusus dengan aman tanpa menyingkap sistem penting terhadap ancaman eksternal. 

"Setelah OT bertambah kompleks dan serangan siber semakin marak, berbagai perusahaan harus memprioritaskan akses jarak jauh dan manajemen akses khusus (privileged access management)," ujar Miki Tanaka, Global Business Director, IIJ. "Safous Industrial SRA hadir sebagai solusi Zero Trust yang tak hanya meningkatkan keamanan, namun juga mempermudah pengelolaan akses jarak jauh dan akses khusus untuk infrastruktur penting."

Safous Industrial SRA mengintegrasikan fitur-fitur canggih Remote Privileged Access Management. Dengan demikian, sebuah perusahaan dapat mengatur pihak-pihak yang mengakses sistem OT, memantau sesi penggunaan akses khusus, serta memastikan hanya pihak berwenang yang bisa melakukan pekerjaan sensitif. Berkat sistem pengaturan otorisasi yang sangat mendetail, platform ini mengamankan kata sandi (password), sedangkan session logging menyediakan keamanan terbaik bahkan untuk sistem OT yang paling sensitif.

Manfaat Utama Safous Industrial SRA:

  • Secure Remote Access & Privileged Access Management yang tidak lagi bergantung pada VPN: Memadukan agentless remote access yang aman dengan pengaturan granular atas akun-akun khusus, mengurangi risiko yang timbul dari pemakaian VPN konvensional.
  • Pengaturan akses secara granular: Mewujudkan pengelolaan akurat akses pengguna dan akses khusus, menjamin pihak berwenang yang bisa melakukan pekerjaan penting.
  • Autentikasi Identitas dan MFA untuk sistem lama: Menawarkan sistem keamanan canggih untuk sistem OT lama yang belum mendukung instalasi perangkat lunak, menggunakan pendekatan tambahan untuk autentikasi ID dan autentikasi multifaktor (MFA).
  • Efisiensi biaya: mempermudah akses jarak jauh dengan beralih dari jaringan pemeliharaan jaringan tertutup menuju solusi Zero Trust, memangkas biaya operasional sekaligus memperingkas manajemen akses.
  • Agentless deployment: Menjamin implementasi cepat dan lancar tanpa membutuhkan pelatihan pengguna atau perangkat lunak tambahan sehingga ideal untuk fasilitas yang tidak memiliki tim keamanan siber.
Dengan Safous Industrial SRA, berbagai perusahaan dapat melindungi OT dan sepenuhnya mengendalikan akun khusus. Hasilnya, kesinambungan operasional tetap terjaga tanpa mengorbankan aspek keamanan. Informasi lebih lanjut: https://www.safous.com/

Demo Produk Safous di Ajang Cybersecurity World Asia 2024

Safous by IIJ akan berpartisipasi dalam ajang Cybersecurity World Asia 2024 di Singapura. Pengunjung dapat menyaksikan demo produk Safous Industrial SRA di Stan Pameran E123 dalam ajang yang berlangsung di  Marina Bay Sands Expo and Convention Centre pada 9-10 Oktober 2024 ini.  

Cybersecurity World Asia adalah ajang terkemuka yang diikuti pakar keamanan siber, tenaga profesional, serta penyedia solusi yang memamerkan teknologi dan inovasi keamanan siber. Ajang ini menjadi wadah penting bagi berbagai perusahaan yang ingin mengeksplorasi solusi mutakhir untuk mengatasi berbagai tantangan keamanan siber modern.

Anda dapat berkunjung ke stan pameran Safous dan mempelajari cara Safous Industrial SRA melindungi OT dengan sistem keamanan Zero Trust dan Privileged Access Management.

Tentang IIJ

Berdiri pada 1992, IIJ adalah salah satu perusahaan terkemuka di Jepang yang menyediakan solusi keamanan jaringan dan akses Internet komprehensif. IIJ dan unit-unit usahanya menyediakan solusi jaringan lengkap yang banyak digunakan perusahaan besar. Layanan IIJ mencakup layanan konektivitas Internet bermutu tinggi, integrasi sistem, layanan komputasi awan, layanan keamanan siber, dan layanan seluler. IIJ juga telah membangun salah satu jaringan backbone Internet terbesar di Jepang yang menghubungkan Amerika Serikat, Inggris, dan Asia. Saham IIJ tercatat pada papan perdagangan Prime Market di Bursa Efek Tokyo pada 2022. Informasi lebih lanjut tentang IIJ: https://www.iij.ad.jp/en/.

Pernyataan-pernyataan yang tercantum dalam rilis berita ini mengandung pernyataan prospektif (forward-looking statement) tentang rencana mendatang yang berisiko dan tidak menentu. Pernyataan prospektif tersebut juga dapat berbeda secara material dari kejadian atau kinerja aktual pada masa depan.

Narahubung:
IIJ Corporate Communications
Tel: +81-3-5205-6310 Email: press@iij.ad.jp 

*Seluruh nama perusahaan, produk, dan layanan yang dimuat dalam rilis berita ini merupakan merek dagang atau merek dagang terdaftar.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024