Jokowi menjadi Presiden kedua Republik Indonesia yang pernah berkunjung ke Bumi Batiwakkal setelah Presiden Soeharto
Berau (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik mendampingi kunjungan kerja Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, Kamis, menyambangi fasilitas kesehatan hingga peletakan batu pertama di gedung perkuliahan perguruan tinggi di Berau.

"Presiden ke RSUD dr Abdul Rivai di Kecamatan Tanjung Redeb. Di sana, Presiden melihat kondisi masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan di rumah sakit milik Pemkab Berau ini," kata Akmal Malik.

Kunjungan di RSUD tersebut setelah mengecek harga dan stok kebutuhan pokok serta berinteraksi dengan masyarakat dan pedagang di Pasar Sanggam Adji Dilayas, bersama Menko PMK Muhadjir Effendy, Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni, Pj Gubernur Kaltim, Pangdam VI Mulawarman, Kapolda Kaltim, dan Pjs Bupati Berau.

Kemudian, Presiden Jokowi menyempatkan mengunjungi Universitas Muhammadiyah Berau (UMB) di Jalan Dr Murjani, Tanjung Redeb, untuk melakukan seremoni peletakan batu pertama pembangunan gedung baru perkuliahan di kampus tersebut.

Pj Gubernur Akmal Malik mengungkapkan bahwa Berau mencatat sejarah dengan kedatangan presiden. Ini merupakan kedatangan pertama Presiden Jokowi ke Bumi Batiwakkal, sehingga antusiasme masyarakat sangat tinggi. Presiden Jokowi juga menerima aspirasi dari banyak pihak.

Baca juga: Presiden meninjau pasar di Berau Kaltim pastikan harga pangan stabil
Baca juga: Jokowi ingatkan perusahaan tambang harus peduli lingkungan


"Tentu kita lihat tadi beliau sangat senang melihat antusiasme masyarakat yang luar biasa menyambut beliau. Itu menunjukkan kecintaan masyarakat Kaltim terhadap Presiden Jokowi luar biasa," ungkap Akmal.

Tepat pukul 11:51 Wita, Pesawat Kepresidenan RJ-85 yang ditumpangi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) beserta rombongan mendarat di landasan pacu Bandara Kalimarau Berau.

Hal tersebut menandai Jokowi menjadi Presiden kedua Republik Indonesia yang pernah berkunjung ke Bumi Batiwakkal setelah Presiden Soeharto. Kedatangan Presiden Jokowi didampingi Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni, Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo, dan Kapolda Kaltim Irjen Pol Nanang Avianto disambut Pjs Bupati Berau Sufian Agus beserta jajaran Forkopimda Berau.

Berau menjadi kabupaten kedua yang dikunjungi Presiden Jokowi setelah Kabupaten Paser, pada Kamis ini. Kunjungan ini merupakan bagian dari rangkaian kunjungan kerja Presiden RI di Benua Etam.

Di Berau, Presiden Jokowi sempat mengunjungi Pasar Sanggam Adji Dilayas di Kelurahan Rinding, Kecamatan Teluk Bayur, untuk mengecek kondisi harga dan stok kebutuhan pokok di pasar modern kebanggaan masyarakat Berau. Ribuan masyarakat hingga pedagang antusias berkumpul menyambut kedatangan pertama kali Kepala Negara di Pasar Sanggam Adji Dilayas.

Presiden Jokowi pun tampak terkejut melihat antusias warga Berau yang sejak kedatangannya hingga memutari lapak-lapak pasar, terus meneriakkan namanya.

"Tunggu ya. Satu-satu ya. Sabar. Sabar," kata Jokowi kepada masyarakat sambil membagikan baju kaos didampingi Menko PMK Muhadjir Effendy.

Pewarta: Ahmad Rifandi
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024