Temanggung (ANTARA) - Deputi Bidang Advokasi, Penggerakan, dan Informasi (Adpin) Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sukaryo Teguh Santoso menegaskan fungsi reproduksi pria tidak akan terganggu usai melakukan program kontrasepsi atau keluarga berencana (KB) vasektomi.

"Ya masih ada anggapan di masyarakat kalau laki-laki ikut KB vasektomi jadi enggak bisa ereksi atau ejakulasi misalnya, padahal masih bisa, masih tulen, jos, enggak usah khawatir," kata Teguh saat ditemui usai puncak acara Hari Kontrasepsi Sedunia di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Kamis.

Ia menjelaskan, tantangan meningkatkan kepesertaan KB vasektomi selama ini karena pemahaman masyarakat yang masih kurang, sehingga diperlukan komunikasi, informasi, dan edukasi (KIE) yang masif dan berkelanjutan oleh para kader dan tenaga kesehatan di lapangan.

"Memang karena kurangnya pemahaman juga tentang fungsi vasektomi, banyak juga yang tidak disetujui oleh pasangannya dan ini juga bagian dari kita untuk terus melakukan KIE. Namun, itu sudah bergerak dan strategi KIE ini digunakan akseptor KB sendiri agar lebih termotivasi," ujar dia.

Ia mencontohkan salah satu inovasi di Jawa Tengah, "Lanang Sejati", di mana kelompok akseptor vasektomi laki-laki melakukan edukasi kepada rekan-rekannya yang lain untuk ikut ber-KB.

Teguh menegaskan, layanan vasektomi dapat diakses oleh seluruh masyarakat secara gratis di semua fasilitas kesehatan (faskes), bahkan disiapkan dana alokasi khusus untuk istirahat bagi suami selama tiga hari.

"Ya ada itu, jaminan hidup namanya, memang sudah disiapkan oleh pemerintah dan pelaksanaannya 100 persen gratis di setiap faskes. Setelah vasektomi, kan tidak melakukan apa-apa ya (istirahat) sehari sampai tiga hari dan ada kompensasi, itu disiapkan dari dana alokasi khusus yg diterima oleh kabupaten atau kota," paparnya.

Ia juga mengemukakan, proses vasektomi cenderung tidak menimbulkan rasa sakit dan pemulihannya relatif cepat.

"Namun memang sebaiknya istirahat, tetapi pemulihannya juga enggak lama, tiga hari juga sudah selesai," ucapnya.

Teguh juga menegaskan, proses vasektomi berbeda dengan khitan. "Kalau khitan itu kan ujung penutup penisnya yang dibuang, sedangkan vasektomi, selama prosedur, vas deferens (saluran yang membawa sperma dari testis ke penis), dipotong atau disumbat," katanya.

Selain itu, menurut dia, tingkat perawatan vasektomi juga lebih mudah dan efektif untuk menekan angka kelahiran dalam jangka waktu yang lama.

"Tingkat operasinya lebih mudah meskipun seperti mini laparoskopi (operasi pada organ perut atau panggul), tetapi jauh lebih praktis laki-laki, dan laki-laki tingkat kesuburannya panjang, artinya sampai tua juga masih fertil, tetapi kalau perempuan kan dibatasi usia, 49 tahun rata-rata sudah menopause. Lebih efektif vasektomi sebenarnya," ucap Teguh.

Puncak Hari Kontrasepsi Sedunia diselenggarakan di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, dengan capaian pelayanan kontrasepsiKB Serentak di seluruh provinsi sebanyak 1.880.577 akseptor berdasarkan pencatatan terakhir BKKBN pada tanggal 24 September 2024 atau 132,75 persen.

Baca juga: Kepala BKKBN tekankan pentingnya daerah sosialisasikan KB pria
Baca juga: Kepala BKKBN pastikan vasektomi berbeda dengan kebiri dan aman

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024