Jakarta (ANTARA) - Prajurit TNI dari Satgas Yonif Raider 323/Buaya Putih Kostrad yang bernaung di bawah Komando Operasi Habema menyempatkan berinteraksi dengan masyarakat Kampung Wuloni, Ilaga, Provinsi Papua Tengah, saat berpatroli melintas daerah tersebut.

Panglima Komando Operasi Habema Brigadir Jenderal TNI Lucky Avianto dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis, menjelaskan kegiatan itu merupakan bagian dari komunikasi sosial yang menjadi strategi prajurit TNI mendekat ke masyarakat dan mengetahui secara langsung kebutuhan warga di daerah mereka bertugas.

"Inisiatif Satgas Yonif 323 Kostrad melaksanakan komunikasi sosial dengan warga di Kampung Wuloni merupakan wujud pelaksanaan tugas TNI untuk berkomunikasi dengan seluruh pihak di daerah tugas, yang tujuannya antara lain untuk mendukung upaya pemerintah mempercepat pembangunan di Papua," jelas Lucky.
 
Prajurit TNI dari Satgas Yonif Raider 323/Buaya Putih Kostrad yang bernaung di bawah Komando Operasi Habema berinteraksi dengan warga dan anak-anak di Kampung Wuloni, Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah, Rabu (25/9/2024). ANTARA/HO-Satgas Media Komando Operasi Habema.


Jajaran prajurit Satuan Tugas Batalyon Infanteri (Satgas Yonif) 323 khususnya dari Pos Wuloni pada Rabu (25/9) berpatroli di Kampung Wuloni dalam rangkaian Operasi Pengamanan Perbatasan Mobile RI-Papua Nugini yang berlangsung sepanjang tahun di wilayah Kabupaten Puncak, Papua Tengah.

Baca juga: Koops Habema TNI cek kondisi anak-anak saat patroli dekat perbatasan

Di sela kegiatan tersebut, pasukan yang dipimpin Kapten Infanteri Honest mendatangi warga di Wuloni dan berbincang-bincang dengan mereka. Dalam beberapa foto yang dibagikan Satgas Media Koops Habema, para prajurit juga sempat berinteraksi dengan anak-anak di Kampung Wuloni.

Dalam pertemuannya dengan warga, para prajurit juga menyampaikan situasi terkini di Kampung Wuloni, yang mereka nilai relatif aman dan kondusif.

Salah satu warga, Zakaria Murib, sebagaimana disampaikan dalam siaran pers Satgas Media Koops Habema, juga menyampaikan terima kasih atas kunjungan para prajurit itu.

"Semoga Tuhan memberkati," kata Zakaria ke para prajurit yang berpatroli di Kampung Wuloni.

Dalam siaran pers yang sama, Komandan Satgas Yonif 323 Kostrad Letnan Kolonel Infanteri Tri Wiratno menjelaskan kegiatan komunikasi sosial itu merupakan salah satu bentuk kepedulian TNI untuk mendengar langsung kebutuhan dan kesulitan yang mereka hadapi.

Oleh karena itu, komunikasi sosial seringkali menjadi bagian tidak terpisahkan dalam setiap kegiatan patroli para prajurit di Papua.

Baca juga: Satgas Habema salurkan bantuan sarana ibadah di Kenyam-Papua
Baca juga: Pangkoops: Prajurit Yonif 509/Kostrad gelar binter di Bilogai

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024