Beijing (ANTARA) - Kantor berita nasional China, Xinhua, pada Kamis (26/9) membuka pameran foto yang mendokumentasikan transformasi bersejarah China selama beberapa dekade terakhir.

Pameran tersebut dibuka di Pusat Informasi Keuangan Nasional China di Beijing hanya beberapa hari menjelang 1 Oktober, hari peringatan 75 tahun berdirinya Republik Rakyat China.

Pameran ini menghadirkan hampir 500 foto yang mencakup berbagai periode bersejarah, yang dipilih dari koleksi Xinhua yang berjumlah lebih dari 10 juta foto, arsip foto terbesar di China.

Presiden Kantor Berita Xinhua Fu Hua mengatakan bahwa kantor berita tersebut berdedikasi untuk menangkap esensi zaman melalui citra serta memikul tanggung jawab penting untuk merekam berbagai peristiwa bersejarah bagi Partai Komunis China (Communist Party of China/CPC) dan rakyat China.

Menggunakan perspektif jurnalistik untuk memotret perubahan sosial, pameran itu menyatukan fragmen-fragmen ingatan kolektif dan nasional yang telah mendapatkan tempat dalam sejarah, kata Fu.

"Pameran ini mendokumentasikan proses pembangunan bangsa yang gemilang dan perjalanan menuju kemakmuran," tutur Fu.

"Dalam perjalanan baru ini, kami akan terus berkolaborasi dengan kolega-kolega media dan organisasi terkait, menggunakan pena dan lensa kami untuk berkontribusi dalam membangun China yang kuat dan memajukan peremajaan nasional," imbuh Fu.

Selain pameran utama di Beijing, beberapa pameran penunjang akan digelar di seantero China.


 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Azis Kurmala
Copyright © ANTARA 2024