Jakarta (ANTARA) - Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia memperbanyak peserta Aparatur Sipil Negara atau ASN Talent Academy agar anak muda dapat menjadi pemimpin yang berkualitas dalam melayani masyarakat luas.

"Kami juga memperbanyak perusahaan yang ikut serta mendukung program ini," kata Pelaksana Tugas Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI Muhammad Taufiq di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan dengan banyaknya dukungan dari perusahaan BUMN, BUMD maupun pihak swasta diharapkan dapat memberi masukkan bagi peserta mengenai cara memberi pelayanan kepada pelanggan dan memimpin sebuah perusahaan dengan baik.

Menurut Taufiq, sejatinya ASN juga merupakan pelayan masyarakat yang harus beradaptasi dengan tuntutan zaman serta harus terus berinovasi.

"Karena memang korporasi dan birokrasi memiliki tantangan yang sama, bagaimana harus bisa memberikan pelayanan yang terbaik yang lebih inovatif pada era disrupsi," tuturnya.

Baca juga: LAN: ASN Talent Academy upaya menyiapkan pemimpin masa depan

Untuk itu, Taufiq mengatakan bahwa peran anak muda dalam kepemimpinan birokrasi perlu diperbanyak dengan memberikan kesempatan kepada mereka untuk mengembangkan kompetensi sebagai pemimpin masa depan.

Menurut ia, program ASN Talent Academy yang menjaring pegawai negeri dari berbagai instansi pemerintah dan lembaga yang berada di pusat maupun daerah, merupakan bentuk penguatan pengetahuan bagi mereka.

Ia melanjutkan bahwa program ASN Talent Academy sudah memasuki tahun kedua dan ke depannya program tersebut diharapkan dapat menggaet lebih banyak ASN.

"Kami akan terus lanjutkan dan akan diperluas pesertanya," ujar Taufiq setelah menutup program ASN Talent Academy tahun kedua.

Baca juga: LAN luncurkan platform kepemimpinan milenial ASN Talent Academy

Pada program ASN Talent Academy tahun kedua, terdapat 40 orang ASN dari berbagai instansi pemerintah dan lembaga yang ada di daerah maupun pusat telah mengikuti beragam pelatihan yang diberikan. Mereka dinyatakan lulus dengan 15 orang mendapatkan hasil sangat memuaskan dan 25 memuaskan.

Taufiq mengatakan para ASN yang mengikuti program tersebut mendapatkan kesetaraan dengan diakui setara pejabat eselon 4.

"Begitu dinyatakan lulus akan diakui setara dengan eselon 4 dan bisa lebih cepat lagi untuk mencapai karir di masing-masing instansi," katanya.

Baca juga: PANRB beri penghargaan ASN teladan untuk pacu peningkatan kinerja

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024