Jakarta (ANTARA) - Pemain center Boston Celtics, Kristaps Porzingis, optimistis tentang proses pemulihan cederanya setelah menjalani operasi pada tendon pergelangan kaki kiri, dan berharap bisa segera kembali ke lapangan tanpa harus kehilangan banyak waktu.

“Saya sudah melakukan banyak hal, dan saya merasa cukup baik,” kata Porzingis saat acara Media Day di fasilitas latihan Celtics, dikutip dari laman resmi NBA.

“Saya sangat menantikan untuk terus membuat kemajuan dan semoga bisa segera kembali bersama tim.”

Porzingis menjalani operasi pada Juni lalu untuk memperbaiki tendon retinakulum yang robek dan dislokasi tendon tibialis posterior pada kaki kirinya. Cedera tersebut didapatkannya saat seri laga Final NBA, namun ia tetap bermain dalam tiga pertandingan, termasuk Game 5 yang menentukan gelar juara bagi Boston.

Porzingis mengatakan bahwa dirinya bisa kembali bermain pada Desember, yang termasuk lebih cepat dari perkiraan masa pemulihan lima hingga enam bulan.

Pada saat konferensi pers, ia tampak ceria dan tidak menunjukkan tanda-tanda pincang. Bahkan, Porzingis mengungkapkan bahwa ia telah melakukan latihan ringan dengan kontak fisik akhir pekan lalu.

“Saya sudah mulai berlari dan melakukan tembakan seperti biasa. Saya juga sempat menjalani latihan dengan kontak ringan, dan semuanya berjalan dengan baik setelahnya,” tambahnya.

Meski optimistis, Porzingis sadar bahwa Celtics akan memulai musim tanpa dirinya. Tim ini harus mengandalkan sejumlah pemain lain di posisi center, termasuk Al Horford yang telah memasuki musim ke-18 di NBA, serta Luke Kornet dan Xavier Tillman yang baru pulih dari cedera masing-masing.

Horford, yang akan berusia 38 tahun, mengaku tidak pernah terpikir untuk pensiun dan siap melanjutkan kariernya. Ia diperkirakan hanya akan bermain di setengah dari jadwal beruntun seperti musim lalu, sementara Kornet dan Tillman dinyatakan siap mengikuti latihan penuh setelah pulih dari operasi.

Presiden operasi bola basket Celtics, Brad Stevens, menyatakan puas dengan perkembangan pemulihan Porzingis. “Kami sangat senang dengan kemajuan yang ia buat, mungkin sedikit terkejut juga,” ujarnya.

Porzingis, yang baru meraih gelar NBA pertamanya musim lalu bersama Celtics, menyatakan masih lapar akan kesuksesan dan bertekad untuk terus membuktikan dirinya.

"Saya masih merasa punya banyak hal untuk dibuktikan," tegas Porzingis.

Baca juga: Jayson Tatum targetkan kembali Juara NBA bersama Celtics

Baca juga: LeBron dan Bronny James mulai berlatih bersama Lakers

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024