Jakarta (ANTARA) - Plt. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Amalia Adininggar Widyasanti menyampaikan bahwa statistik yang berkualitas dan data sektoral yang akurat akan meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan bangsa.

Dengan statistik sektoral berkualitas, pengambilan keputusan dalam pembuatan kebijakan akan berbasis data yang berkualitas, serta pembangunan yang dilakukan akan sesuai dengan kebutuhan dan tepat sasaran, sehingga dapat menjadi langkah awal menuju Indonesia Emas 2045, kata Amalia.

“Untuk mewujudkan Indonesia Emas, penting bagi kita untuk mengandalkan statistik berkualitas dan data sektoral yang akurat dalam mendukung kebijakan dan perencanaan. Mari tingkatkan kualitas statistik di setiap lini demi kemajuan dan kesejahteraan bangsa. Selamat Hari Statistik Nasional 2024,” ujar Amalia di Grand Mercure Kemayoran, Jakarta, Kamis.

Dalam kesempatan ini, BPS menyelenggarakan kegiatan dalam rangka memperingati Hari Statistik Nasional (HSN) yang jatuh setiap tanggal 26 September, dengan tahun ini mengangkat tema “Statistik Berkualitas untuk Indonesia Emas”.

Baca juga: BPS ingatkan dukungan pemerintah agar milenial tertarik bertani

Amalia menjelaskan bahwa tema ini menekankan pentingnya data statistik untuk membangun Visi Indonesia Emas 2045, serta mewujudkan Indonesia sebagai “Negara Nusantara Berdaulat, Maju, dan Berkelanjutan”.

Melalui BPS Awards, pihaknya memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para stakeholder yang paling berperan aktif dalam mendukung kegiatan statistik yang dilakukan oleh BPS.

Pada tahun ini, untuk kategori Kementerian/Lembaga (K/L), BPS Awards diberikan kepada Bank Indonesia (BI), dan untuk kategori perusahaan, BPS Awards diberikan kepada PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Lalu, BPS juga memberikan penghargaan Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) untuk K/L, baik pusat maupun daerah yang berperan aktif dalam menghasilkan statistik sektoral.

Kemudian, juga Pojok Statistik Awards untuk perguruan tinggi, Desa Cantik Awards untuk pemerintah tingkat desa dan kelurahan, Insan Statistik Teladan bagi pegawai internal BPS di seluruh Indonesia, serta penghargaan beberapa lomba yang menjadi rangkaian kegiatan HSN seperti Statistic Data Camp dan Indathon (kompetisi untuk menghasilkan suatu kebijakan yang berbasiskan data dan metode statistik yang berkualitas).

Baca juga: BPS: Ayam kampung biasa paling banyak diusahakan di Jakarta

BPS juga meluncurkan secara perdana logo dan theme song SE2026 yang akan dipakai dalam setiap kegiatan BPS ke depan, terutama yang terkait Sensus Ekonomi.

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2024