Beijing (ANTARA) - Malaysia merupakan mitra dagang terbesar kedua di ASEAN sekaligus sumber impor terbesar bagi China. Malaysia memiliki lokasi yang strategis di pusat pasar baru potensial ASEAN dan daerah dengan pertumbuhan arus penumpang yang tinggi.

Dengan jaringan rutenya yang mencakup pasar-pasar global utama dan kawasan RCEP, Malaysia memiliki keunggulan unik dalam mengembangkan transportasi kargo udara. Didirikan pada 1993, Raya Airways berkantor pusat di Kuala Lumpur, Malaysia, dan memiliki delapan pesawat kargo.

Sejak awal tahun ini, Pusat Kargo Udara Internasional Zhengzhou terus mengembangkan kemampuannya, dan jaringan logistik udara globalnya semakin sempurna. Hingga 23 September, throughput kargo di Bandara Zhengzhou telah meningkat 32,79 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Saat ini terdapat 27 maskapai kargo yang beroperasi di Zhengzhou, dengan 54 rute kargo telah dibuka. Tahun ini, lebih dari 10 rute kargo baru telah dibuka, termasuk Zhengzhou ke Frankfurt di Jerman, ke Chicago di Amerika Serikat, ke Mexico City di Meksiko, dan ke Paris di Prancis.

"Rute ini dioperasikan oleh pesawat Boeing B767, dengan rencana frekuensi tiga penerbangan per pekan yakni setiap hari Rabu, Jumat, dan Minggu. Pesawat ini terutama mengangkut barang-barang e-commerce dan buah-buahan segar lintas perbatasan," kata seorang perwakilan dari Bandara Zhengzhou.

Raya Airways, maskapai kargo Asia Tenggara pertama, telah resmi lepas landas di Bandara Zhengzhou, yang akan secara efektif mendorong pembangunan "pusat ganda" (dual hub) Zhengzhou-Kuala Lumpur dan memperkuat konektivitas antara Zhengzhou dan negara-negara Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (Regional Comprehensive Economic Partnership/RCEP).

Menjelang peringatan 50 tahun hubungan diplomatik China dan Malaysia, Henan dan Malaysia masih mempertahankan kerja sama erat di bidang ekonomi, perdagangan, dan pertukaran antarmasyarakat. Pada 8 Juni, Zhongyu Aviation Group China dan Malaysia Airports Holdings menandatangani sebuah nota kesepahaman (MoU) di Zhengzhou, sepakat untuk memperdalam kerja sama dalam pembukaan rute kargo dan pembangunan stasiun kargo di luar negeri. Stasiun kargo luar negeri pertama yang menjangkau wilayah RCEP dari Henan akan didirikan di Kuala Lumpur. Pada 25 Agustus, penerbangan pertama yang mengangkut durian segar dari Kuala Lumpur menuju Zhengzhou disambut di Bandara Zhengzhou, menandai masuknya batch pertama durian segar Malaysia ke pasar China.

Sekretaris Komite Partai sekaligus Chairman Zhongyu Aviation Group Zhang Mingchao menyatakan bahwa Henan akan secara aktif membangun "jalur sutra udara" yang menghubungkan Asia Tenggara, dan mendorong pembangunan pusat-pusat penerbangan tingkat tinggi antara China dan Malaysia, memberikan dukungan kuat untuk memperdalam pertukaran ekonomi, perdagangan, dan pertukaran antarmasyarakat dengan negara-negara RCEP. 


 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Azis Kurmala
Copyright © ANTARA 2024