Mataram (ANTARA) - Perusahaan Umum (Perum) DAMRI menyiapkan 161 angkutan gratis untuk mengangkut penonton Pertamina Grand Prix of Indonesia (MotoGP) Mandalika 2024 dari dan menuju Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Chairman MotoGP Mandalika 2024 Troy Reza Warokka melalui keterangan tertulis yang diterima di Mataram, Kamis, menyebutkan 161 angkutan gratis dari DAMRI ini terdiri atas 155 unit bus kelas medium dan 6 unit minibus (HiAce).

Sebelum beroperasi, dia memastikan seluruh unit telah laik jalan dan telah terpasang stiker sesuai dengan rute operasional selama gelaran balap motor kelas dunia MotoGP berlangsung pada 27-29 September 2024.

"ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation) juga telah melakukan pemeriksaan fisik dan kebersihan terhadap armada DAMRI yang akan beroperasi selama ajang MotoGP," ujarnya.

Baca juga: Dishub: Kendaraan ke Mandalika dibatasi selama MotoGP 27-29 September

Selanjutnya, Troy menyatakan rasa bahagia atas sinergi yang telah terjalin antara penyelenggara MotoGP Mandalika dengan DAMRI.

Ia menekankan pentingnya kualitas armada, mengingat penonton MotoGP berasal dari berbagai kalangan.

"Bus yang digunakan harus bus yang bagus karena kita tidak tahu penonton itu dari mana, apakah dari dalam negeri, luar negeri atau wisatawan. Pengemudinya juga harus rapi, supaya kesannya bagus," ucap dia.

General Manager DAMRI Mataram Hilman Azhari juga menyatakan rasa bangga karena pihaknya dapat terlibat dalam menyukseskan kegiatan berkelas internasional di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika tersebut.

Baca juga: Polda NTB siapkan manajemen lalu lintas saat perhelatan MotoGP 2024

"DAMRI bangga dapat terlibat dan menyediakan pelayanan prima dengan mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan bagi setiap penonton yang hadir secara langsung," kata Hilman.

Ia juga memastikan 161 unit angkutan gratis yang beroperasi selama kegiatan MotoGP sudah melalui proses ramp check atau inspeksi keselamatan terhadap kendaraan umum secara rutin oleh Dinas Perhubungan NTB.

Pada pelaksanaan MotoGP mulai 27 hingga 29 September 2024, armada DAMRI akan beroperasi sejak pukul 07.00 Wita hingga 23.00 Wita. Dia memastikan layanan ini gratis bagi para penonton MotoGP.

Ia berharap dengan kontribusi dalam menyukseskan acara ini dapat memberikan dampak positif bagi pariwisata dan perekonomian Nusa Tenggara Barat.

Baca juga: 200 unit bus gratis disiapkan untuk penonton MotoGP Mandalika2024

"DAMRI, dengan 161 unit angkutan gratis siap melayani dan menjadi bagian penting dalam mewujudkan kelancaran transportasi selama gelaran berlangsung," ujarnya.

Pewarta: Dhimas Budi Pratama
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024