hasil pemeriksaan di beberapa lokasi tersebut terlihat progres pengerjaan cukup signifikan seperti pembenahan saluran, jalan, pembuatan mural, taman vertikal, dan pencahayaan
Jakarta (ANTARA) - Tim Penataan Kota dan Lingkungan Hidup (PKLH) Jakarta Pusat melakukan inspeksi mendadak (sidak) pengerjaan penataan kawasan pada triwulan 3 di enam lokasi berbeda Kecamatan Gambir dan Tanah Abang.
 
"Kemarin kita periksa di kawasan unggulan Kelurahan Petojo Utara, Cideng, Duri Pulo (Kecamatan Gambir), dan Kampung Bali, Kebon Kacang, Bendungan Hilir (Kecamatan Tanah Abang)," kata Kepala Bagian (Kabag) PKLH Kota Administrasi Jakarta Pusat Martua Sitorus di Jakarta, Kamis.

Baca juga: DKI susun konsep penataan reklame di jalan Rasuna Said dan Antasari
 
Martua menyebut hasil pemeriksaan di beberapa lokasi tersebut terlihat progres pengerjaan cukup signifikan seperti pembenahan saluran, jalan, pembuatan mural, taman vertikal, dan pencahayaan.
 
Beberapa lokasi penataan yang memiliki lahan cukup luas juga bisa dikembangkan menjadi lahan produktif yang menghasilkan seperti kolam gizi dan pertanian perkotaan (urban farming).
 
"Dari beberapa lokasi yang telah kita lihat perkembangan penataan kawasan kali ini cukup signifikan, kita ingin triwulan 4 nanti bisa lebih baik lagi," ujar Martua.

Baca juga: Pemkot Jakpus tertibkan PKL di Petojo Utara
 
Menurut Martua, masyarakat berperan serta dalam menjaga kawasan yang sudah  ditata untuk itu pihak kelurahan diminta  ikut aktif  menjaga dan merawat dengan melibatkan masyarakat.
 
"Yang paling berat itu memelihara dan menjaganya, khususnya beberapa lokasi yang padat penduduk agar tetap indah dan nyaman," ucap Martua.
 
Sebelumnya, Pemkot Jakarta Pusat melakukan pemeriksaan terhadap penataan kawasan unggulan tingkat kelurahan pada triwulan II tahun 2024 di lima lokasi di Kecamatan Cempaka Putih, Johar Baru, dan Menteng untuk meningkatkan fungsi aset dan lahan.
 
Penataan kawasan unggulan ini tidak hanya bertujuan untuk memperindah kawasan, tetapi juga meningkatkan fungsi aset dan lahan yang selama ini tidak tertata agar bisa bermanfaat bagi masyarakat.

Baca juga: Jakpus tata PKL di lokasi sementara
 
Kunjungan di wilayah Kecamatan Cempaka Putih dilaksanakan ke lokasi penataan kawasan unggulan triwulan II di Jalan Inspeksi Rumah Pompa RT 07/05 Kelurahan Cempaka Putih Timur. Lalu, di Jalan Cempaka Putih Barat 25 RT 05/12 Kelurahan Cempaka Putih Barat.
 
Lokasi ketiga di Jalan Pramuka Sari III, RT 14/05 Kelurahan Rawasari Sari, Kecamatan Cempaka Putih, keempat di Kecamatan Johar Baru yang dilakukan ke Gang 4 Jalan Rawa Tengah, RT 01/07 Kelurahan Galur.
 
Lokasi terakhir  penataan kawasan unggulan triwulan II tahun 2024 dilaksanakan di Kelurahan Pegangsaan, Kecamatan Menteng, yang berlokasi di Gang D Jalan Bonang Matraman Jaya RT 20/06.

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024