Jakarta (ANTARA News) - Menurut penelitian terbaru, para pria membutuhkan waktu sekitar 37 tahun untuk dapat mantap bergaya.

Hal ini berarti, delapan tahun lebih awal dari para perempuan yang tidak merasa percaya diri dengan kemampuan berpakaian mereka hingga berusia 45 tahun.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan VoucherCodes.co.uk ini, diketahui hampir seperempat dari pria berusia di bawah 37 tahun yang terlibat dalam penelitian tidak tahu apa yang membuat penampilan mereka terlihat baik.

Saat bingung memilih pakaian, mereka akan meminta teman-temannya membantu memilihkan gaya yang cocok. Tak sedikit, mengaku mendapatkan inspirasi berpakaian dari selebriti.

Kemudian, satu dari enam pria mengaku anti berbelanja dan akan mengambil apa pun yang terlihat oke bagi mereka tanpa menghabiskan banyak waktu untuk berbelanja.

Lebih dari seperempat pria tak begitu yakin tentang apa yang harus mereka beli. Mereka pun cenderung menunggu hingga pakaian yang mereka sukai rusak sebelum memutuskan menggantinya.

Namun, jika melihat isi lemari pakaian para pria, rata-rata mereka memiliki 66 potong pakaian dan 15 pasang sepatu. Begitu mereka memasuki usia perdana menjadi "fashionmisters", jumlah pakaian dan sepatu pun bertambah, yakni menjadi 100 potong pakaian yang di antaranya terdiri dari 14 t-shirt, tujuh potong jas, sembilan polo shirt dan 20 pasang sepatu.

Benedict Cumberbatch dan Colin Farrell adalah dua contoh pria berusia 37 tahun yang telah memiliki rasa percaya diri dalam bergaya. Keduanya hampir selalu berpenampilan necis. Kanye West juga nampaknya akan segera bergabung dalam kelompok 37 ini pada Juni ini.

"Tampaknya kepercayaan diri soal gaya muncul lebih cepat pada pria daripada wanita, tapi 37 tahun merupakan waktu yang lama...," ujar editor konsumen dari VoucherCodes.co.uk, Anita Naik, yang melakukan penelitian ini seperti dilansir Female First.

Menurutnya, sembari menunggu usia 37 tahun, merupakan hal yang bagus bagi para pria untuk memilih satu merek tertentu dan bereksperimen sedikit dengan warna atau gaya yang mungkin dapat membuat mereka terlihat brilian.

Penelitian ini juga mengungkapkan lima rumus yang menjadi kunci para pria Inggris dapat percaya diri dalam bergaya. Kelima rumus ini yakni, mengetahui ukuran pakaian yang cocok, lebih mengutamakan kualitas daripada kuantitas.

Lalu, menemukan pakaian yang membuat Anda terlihat baik dan berpegang teguh pada gaya itu, mencari dan menemukan merek, serta mampu membeli pakaian tanpa meminta nasihat orang lain.

"Memang bagus meminta saran dari teman dan keluarga untuk memilihkan gaya, namun ketika berbelanja, penting bagi Anda untuk percaya pada insting Anda sendiri," kata Naik.

Ia menyarankan, cobalah berbelanja sendiri untuk menghindari perasaan stres atau konyol jika menemukan sesuatu yang tidak terlihat bena, misalnya dengan berbelanja secara online.

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014