Rangkasbitung (ANTARA) -
Sebanyak tujuh rumah di kawasan pemukiman Badui di pedalaman Kabupaten Lebak, Banten diterjang angin puting beliung hingga menyebabkan kerusakan berat dan ringan.  
 
"Beruntung, kejadian bencana puting beliung, Rabu (25/9) pukul 15.00 WIB tidak menimbulkan korban jiwa. Namun, kerugian material diperkirakan mencapai Rp350 juta," kata Kepala Desa Kanekes Kabupaten Lebak, Djaro Oom saat dihubungi di Rangkasbitung, Lebak, Kamis.
 
Masyarakat Badui yang terdampak angin puting beliung di Kampung Lebak Menteng Desa Kanekes Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak kini terpaksa mengungsi ke rumah kerabat.  
 
Kondisi rumah mereka yang terbuat dari bilik bambu dan atap rumbia di antaranya roboh hingga rata dengan tanah.  
 
Mereka para korban bencana angin puting beliung saat ini kebingungan untuk kembali membangun rumah itu, karena tidak memiliki uang.  
 
"Kami berharap adanya bantuan dari pemerintah setempat, sehingga warga Badui yang kehilangan rumah bisa kembali menempatinya," kata Djaro Oom.
 
Ia mengatakan, kondisi rumah yang rusak berat dan ringan akibat diterjang puting beliung itu antara lain milik Anen (31) dan Olot Salindra (62) dengan kondisi rusak berat.   
 
Sedangkan, rusak ringan yakni Ahim (34), Karto (95), Sarja (44), Rendi (39) dan Ajim (43).
 
Selain itu juga perabotan rumah tangga dan barang-barang berharga juga mengalami kerusakan.
 
"Kami minta warga yang rumah yang terdampak angin puting beliung agar tetap mengungsi sebelum adanya pembangunan," katanya.
 
Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lebak Febby Rizky Pratama mengatakan pihaknya sudah menyalurkan bantuan bahan pokok juga terpal untuk mendirikan tenda bagi masyarakat Badui yang dilanda bencana angin puting beliung.
 
"Kami hari ini juga akan ke kawasan Badui untuk melakukan pendataan sambil membawa makanan siap saji," katanya.

Baca juga: Wisatawan diyakini tetap datang meski Badui tanpa jaringan internet
Baca juga: BPBD Lebak tinjau pemukiman Badui diterjang banjir bandang
Baca juga: BPBD Lebak jamin logistik penanganan kebakaran pemukiman Badui cukup

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024