Rejang Lebong, Bengkulu (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, meminta warga di daerah itu untuk mencermati Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada yang telah ditetapkan pada 20 September 2024. 

Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM KPU Rejang Lebong, Buyono di Rejang Lebong, Rabu, mengatakan, pihaknya telah mengumumkan DPT melalui petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang tersebar di 156 desa/kelurahan di 15 kecamatan.

"KPU Rejang Lebong melalui PPS di 156 desa dan kelurahan telah mengumumkan DPT yang telah kita tetapkan pada 20 September 2024 lalu," katanya.

Warga masing-masing desa/kelurahan diminta untuk mencermatinya untuk mengetahui apakah mereka sudah terdaftar sebagai pemilih atau belum.

Dia menjelaskan, pengumuman DPT ini dilakukan di sekretariat PPS maupun tempat-tempat strategis lainnya yang mudah diakses dan dilihat orang banyak.

Baca juga: KPU Rejang Lebong tetapkan Syamsul-Hendra bupati-wabup terpilih
Baca juga: KPU Rejang Lebong santuni keluarga pengamanan TPS yang meninggal dunia


Jika ada warga yang belum terdaftar atau masuk dalam DPT tersebut, kata dia, agar segera melapor kepada petugas PPS, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) atau langsung ke KPU Kabupaten Rejang Lebong.

Selain itu juga jika warga mengetahui ada warga lainnya yang sudah meninggal atau sudah pindah ke daerah lain namun masih masuk DPT diminta untuk melaporkannya ke PPS, PPK atau KPU Kabupaten Rejang Lebong.

Menurut dia, jumlah DPT Pilkada 2024 di wilayah itu yang sudah ditetapkan pada 20 September 2024 sebanyak 208.094 jiwa terdiri dari pemilih laki-laki 105.053 jiwa dan pemilih perempuan 103.041 jiwa.

Pihaknya menjamin seluruh warga Rejang Lebong yang sudah berumur 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki KTP elektronik akan bisa menggunakan hak pilihnya pada Pilkada 2024 tanpa terkecuali.

"Hari ini dan besok kami akan melakukan monitoring langsung ke lapangan terkait pengumuman DPT untuk dicermati masyarakat Rejang Lebong, di seluruh tempat-tempat strategis di masing-masing PPS," demikian Buyono.

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024