Kami ingin masyarakat berperan aktif dalam menjaga keamanan di perbatasan, terutama mengawasi orang asing untuk menjaga keamanan dan kedaulatan NKRI
Pontianak (ANTARA) - Imigrasi Putussibau Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat memperkuat pengawasan warga negara asing (WNA) di Desa isata Sungai Utik yang merupakan daerah perbatasan Indonesia dan Malaysia dengan menggandeng warga di wilayah setempat.

"Sungai Utik merupakan daerah wisata strategis yang sering kali didatangi wisatawan asing, sehingga perlu peran aktif masyarakat setempat dalam mengawasi WNA yang berkunjung," kata Kepala Subseksi Teknologi Informasi, Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Joenari Anthony Marpaung, di Putussibau, Kapuas Hulu, Rabu.

Joenari Marpaung menyampaikan untuk meningkatkan peran masyarakat dalam pengawasan WNA, pihaknya juga sudah memberikan edukasi dan sosialisasi terkait informasi tentang aturan keimigrasian, pentingnya melaporkan keberadaan WNA yang mencurigakan, serta potensi ancaman dari jaringan perdagangan manusia.

Ia mengatakan Desa Batu Lintang Sungai Utik merupakan salah satu desa binaan imigrasi dalam upaya mencegah pidana perdagangan orang (TPPO) dan pelanggaran keimigrasian.

Baca juga: WNA asal Korsel meninggal usai diving di Taman Nasional Komodo
Baca juga: Kanim Kotamobagu-Sulut sidik tiga WNA RRT terkait pidana keimigrasian


"Kami ingin masyarakat berperan aktif dalam menjaga keamanan di perbatasan, terutama mengawasi orang asing untuk menjaga keamanan dan kedaulatan NKRI," ujarnya.

Ia juga berharap adanya sinergi dan kolaborasi semua pihak dalam pengawasan, karena pengawasan dan memberikan edukasi kepada masyarakat bukan hanya kegiatan rutinitas melainkan tugas bersama.

Joenari Marpaung menjelaskan perangkat desa, tokoh adat dan tokoh masyarakat juga memiliki peran strategis untuk saling berkolaborasi menjaga potensi gangguan keamanan terutama atas kehadiran orang asing.

Selain itu, Imigrasi Putussibau juga memberikan pemahaman terkait pentingnya dokumen keimigrasian berupa paspor yang dapat digunakan untuk berpergian ke luar negeri.

"Selain pengawasan orang asing kami juga lakukan jemput bola dalam pelayanan pembuatan paspor untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat di perbatasan," katanya.

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024