"Dengan adanya apel siaga ini membuktikan bahwa kami Bawaslu Kabupaten Tangerang beserta jajaran di Panwaslu kecamatan dan juga Panwaslu kelurahan desa siap untuk mengawasi jalannya penyelenggaraan pemilihan bupati dan wakil bupati di Kabupaten Tange
Kabupaten Tangerang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tangerang, Banten, menggelar apel siaga persiapan masa kampanye pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

Ketua Bawaslu Kabupaten Tangerang, Muslik di Tangerang, Rabu, menyampaikan bahwa kegiatan apel pasukan untuk mengawasi dan mengawal pilkada berjalan aman, tertib, dan damai.

"Dengan adanya apel siaga ini membuktikan bahwa kami Bawaslu Kabupaten Tangerang beserta jajaran di Panwaslu kecamatan dan juga Panwaslu kelurahan desa siap untuk mengawasi jalannya penyelenggaraan pemilihan bupati dan wakil bupati di Kabupaten Tangerang dan juga Gubernur dan Wakil Gubernur di Provinsi Banten," katanya.

Menurut dia, Bawaslu memiliki tugas dan kewajibannya sebagai pengawas pemilihan kepala daerah. Kegiatan apel tersebut juga dalam rangka mempersiapkan diri karena tahapan kampanye sudah dimulai.

"Kegiatan ini merupakan bentuk mempersiapkan diri karena gong kampanye sudah dimulai," ujar dia.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Tangerang Andi Ony meminta kepada seluruh jajaran Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Tangerang untuk terus dapat menjaga sinergitas dalam pelaksanaan pesta demokrasi Pilkada 2024.

Lebih lanjut, Andi menyampaikan, Pilkada serentak di Indonesia merupakan pesta demokrasi yang terbesar di seluruh Indonesia bahkan mungkin di dunia.

Untuk itu, kerja keras, sinergitas serta soliditas seluruh jajaran Bawaslu sangat diperlukan agar pelaksanaan seluruh tahapan Pilkada dapat berjalan dengan aman, damai dan bermartabat dapat mempengaruhi target partisipasi pemilih.

"Pilkada kali ini akan diikuti oleh sekitar 2.369.021 jiwa yang akan memilih tiga pasangan calon. Dari 2.3 juta tersebut tersebar di 4.484 TPS, jumlah yang sangat luar biasa ini membutuhkan kerja keras kerjasama dan soliditas baik itu penyelenggara pengawas maupun pemerintahan," ungkapnya.

Dirinya berharap seluruh anggota Bawaslu benar-benar bisa menjaga stamina agar dapat melaksanakan tugasnya dengan profesional dan netral.

"Diharapkan bapak dan ibu bisa juga jaga stamina sehingga mampu mengawasi dengan baik dan benar. Apabila Pilkada jujur dan adil pasti akan menghasilkan pimpinan yang akan membawa Kabupaten Tangerang yang semakin Gemilang, mampu membangun serta memenuhi harapan seluruh rakyat di Kabupaten Tangerang," kata dia.

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024