Kami juga mengupayakan kerja sama di sektor pertahanan dengan Portugal. Portugal memiliki industri pertahanan yang kuat, terutama dalam bidang teknologi militer seperti sistem radar, avionik, dan teknologi keamanan siber
Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga dan Sekretaris Negara untuk Ekonomi Portugal Joao Rui Ferreira melakukan pertemuan bilateral di Lisbon, Portugal, pada pekan lalu, yang membahas upaya peningkatan kerja sama ekonomi dan perdagangan kedua negara.

"Selain itu, kedua belah pihak juga akan saling mengeksplorasi potensi kerja sama untuk meningkatkan dan mendiversifikasi perdagangan dua arah," ujar Jerry melalui keterangan di Jakarta, Rabu.

Jerry mengatakan, salah satu upaya pemerintah Indonesia untuk memperluas perdagangan dua arah tersebut adalah mendorong peningkatan hubungan bilateral antara Indonesia-Portugal melalui kerja sama sektor-sektor potensial lainnya.

Adapun sektor-sektor potensial lainnya ini meliputi energi terbarukan, pariwisata, teknologi digital, pertahanan, serta pertanian dan farmasi.

Kerja sama dalam pengembangan energi terbarukan dapat memberikan manfaat bagi Indonesia. Portugal merupakan salah satu negara terdepan dalam pengembangan energi terbarukan, khususnya tenaga angin dan surya.

Penggunaan listrik dari energi terbarukan di Portugal mencapai 61 persen pada 2023.

Selain sektor energi terbarukan, sektor pariwisata dan teknologi digital juga merupakan peluang untuk Indonesia-Portugal bekerja sama. Kerja sama dalam promosi pariwisata dapat meningkatkan kunjungan wisatawan antara kedua negara.

Lebih lanjut, Jerry menyampaikan, Indonesia-Portugal perlu mempertimbangkan kerja sama pada sektor teknologi digital. Portugal memiliki ekosistem perusahaan rintisan (startup) yang berkembang pesat, terutama di bidang teknologi serta memiliki pusat data yang dapat menjadi Hub bagi Indonesia.

"Kami juga mengupayakan kerja sama di sektor pertahanan dengan Portugal. Portugal memiliki industri pertahanan yang kuat, terutama dalam bidang teknologi militer seperti sistem radar, avionik, dan teknologi keamanan siber," kata Jerry.

Selain itu, pertanian dan farmasi adalah sektor potensial terakhir yang dibahas terkait peningkatan kerja sama Indonesia-Portugal. Kerja sama tersebut meliputi bidang pengembangan pertanian berkelanjutan, pengembangan hortikultura dan perkebunan, teknologi pengolahan makanan, serta riset dan pengembangan obat.

Baca juga: Indonesia bidik perluasan produk ekspor ke Korea Selatan lewat IK-CEPA
Baca juga: Wamendag Jerry dorong ekspor Indonesia melalui ritel Rusia
Baca juga: Wamendag: IJEPA dorong peningkatan perdagangan Indonesia-Jepang

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024