Meskipun ada penyesuaian, jadwal tetap diprioritaskan untuk mendukung pengguna pada jam sibuk dengan pola operasi yang lebih efisien dan tepat waktu
Jakarta (ANTARA) - KAI melakukan penyesuaian jadwal perjalanan LRT Jabodebek mulai 25 September, sehingga jumlah perjalanan LRT Jabodebek menjadi 348 perjalanan pada hari kerja, sedangkan pada akhir pekan tetap sebanyak 260 perjalanan per hari.

Dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu, Manager Public Relations LRT Jabodebek Mahendro Trang Bawono mengatakan penyesuaian itu adalah untuk meningkatkan efektivitas pola operasi serta untuk memaksimalkan perawatan, dengan tetap mendukung kebutuhan pengguna pada jam-jam sibuk.

"Meskipun ada penyesuaian, jadwal tetap diprioritaskan untuk mendukung pengguna pada jam sibuk dengan pola operasi yang lebih efisien dan tepat waktu," kata Mahendro.

Dia menjelaskan pengguna LRT Jabodebek pada hari kerja di bulan September 2024 tercatat mencapai rata-rata 79.247 pengguna per hari. Adapun waktu paling padat, kata dia, adalah pukul 06.00–08.00 saat pagi hari serta pukul 16.00–19.00 pada sore hari.

Baca juga: KAI tambah jam opersional dan perjalanan LRT Jabodebek, jadi 358 trip

Dia mengatakan sejak beroperasi LRT Jabodebek telah menjadi transportasi pilihan para pekerja, sehingga penyesuaian operasi LRT Jabodebek sangat mempertimbangkan kondisi tersebut.

Penyesuaian itu, katanya, dilakukan berdasarkan hasil evaluasi yang menunjukkan bahwa jumlah perjalanan saat ini telah mencukupi untuk mengakomodasi kebutuhan pengguna, khususnya pada jam sibuk. Menurutnya, KAI juga memanfaatkan penyesuaian ini untuk menjaga kehandalan operasional baik sarana ataupun prasarana LRT Jabodebek.

Adapun jadwal Keberangkatan LRT Jabodebek sebagai berikut:

Baca juga: Tarif normal LRT Jabodebek 2024

Keberangkatan Pertama:
- Jatimulya - Dukuh Atas: 05.22
- Harjamukti - Dukuh Atas: 05.30
- Dukuh Atas - Harjamukti: 06.22
- Dukuh Atas - Jatimulya: 06.17

Keberangkatan Terakhir:
- Jatimulya - Dukuh Atas: 21.56
- Harjamukti - Dukuh Atas: 22.04
- Dukuh Atas - Harjamukti: 22.55
- Dukuh Atas - Jatimulya: 22.49

Saat ini, katanya, LRT Jabodebek sudah beroperasi sampai pukul 22.49 untuk Dukuh Atas – Jatimulya dan pukul 22.55 untuk Dukuh Atas – Harjamukti.

“Kami akan terus berupaya memberikan layanan yang optimal, aman, dan tepat waktu bagi seluruh pengguna. Penyesuaian ini merupakan langkah kami dalam menjaga keseimbangan antara efektivitas operasional dan kualitas pelayanan,” ucapnya. 

Baca juga: Rute LRT Jabodebek dan jadwal terbaru 2024

Pewarta: Mecca Yumna Ning Prisie
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024