Bandung sebagai salah satu pusat ekonomi dan industri Indonesia memiliki perang strategis dalam mendukung pertumbuhan industri otomotif nasional.
Bandung (ANTARA) - Pameran otomotif bertajuk Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Bandung 2024 yang digelar di Sudirman Grand Ballroom pada 25-29 September, diyakini berkontribusi signifikan pada perekonomian Jawa Barat (Jabar) khususnya pada sektor otomotif.

"Pameran ini memberikan kontribusi signifikan untuk menumbuhkan dan mengembangkan industri otomotif dan juga terhadap perekonomian Indonesia, khususnya di Jawa Barat, maupun Kota Bandung itu sendiri," kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Irjen Pol Risyapudin Nurdin dalam pembukaan pameran, di Bandung, Rabu.

Dia menyebutkan, sektor otomotif memainkan peran penting, tidak hanya sebagai motor penggerak perekonomian nasional, tetapi juga sebagai agen perubahan dalam menciptakan transportasi yang ramah lingkungan, efisien, aman, dan berkelanjutan.

Ia berharap, pameran otomotif ini jadi momentum pemerintah, pelaku industri dan masyarakat untuk merumuskan langkah-langkah strategis dalam menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang dalam membangun transportasi di masa mendatang.

"Bandung sebagai salah satu pusat ekonomi dan industri Indonesia memiliki perang strategis dalam mendukung pertumbuhan industri otomotif nasional," ujarnya.

Di tempat yang sama, Plt Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kemenperin Putu Juli Ardika mengatakan industri otomotif mengalami pertumbuhan yang jika berkaca hingga bulan Agustus 2024, nilai Indeks Kepercayaan Industri atau IKI juga tumbuh sebesar 52,4 poin yang terus menunjukkan periode ekspansi dan menunjukkan kepercayaan kuat dalam sektor industri.

"Jadi industri ini juga mampu tumbuh, tapi tumbuhnya belum sesuai dengan harapan kita. Itu mampu tumbuh 2,5 persen. Sepanjang periode Januari sampai Agustus 2024, industri kendaraan roda dua mencatat penjualan domestik sebesar 4,3 juta unit dan ekspor mencapai 348.000 unit," ujarnya pula.

Sementara itu, industri kendaraan roda 4 melaporkan penjualan domestik sebesar 560.000 unit dan ekspor sebesar 296.000 unit Completely Built Up (CBU) dan 30.000 unit Completely Knocked Down (CKD).

"Jadi kalau kita lihat dari angka tersebut, 39 hampir 40 persen dari unit kendaraan yang kita produksi itu ditujukan untuk ekspor dan kami berharap dengan penyelenggaraan GIIAS Bandung 2024 ini kita mampu dan menjadi faktor yang mempercepat pertumbuhan industri alat angkut nasional," kata dia.

Pejabat (Pj) Gubernur Jabar Bey Triadi Machmudin menyinggung selain untuk meningkatkan ekonomi Jabar, pameran ini juga baik untuk sektor pendidikan, khususnya para siswa SMK yang menurutnya harus mengunjungi pameran otomotif agar memiliki info terkini terkait perkembangan mobil terbaru.

"Baik yang perubahan bahan bakar BBM, hybrid, atau EV. Itu kan berbeda sekali dan perkembangannya pesat jadi harus paham betul," ujarnya lagi.

Pelajaran juga, kata Bey, bisa didapatkan dari sisi ekonomi, yakni membuat efisien suatu barang.

"Mobil China harganya bisa efisien, rendah, jadi kita harus belajar menciptakan barang efisien tapi bisa bersaing secara global," ujar dia lagi.

Dengan menghadirkan 18 merek otomotif baik roda empat atau roda dua, kata Ketua Umum Gaikindo Yohanes Nagoi, GIIAS di Bandung setelah dua tempat lainnya, yakni Tangerang dan Surabaya, menjadi usaha pihaknya mendukung kemajuan industri otomotif.

"Pelaksanaan pameran otomatis salah satu upaya Gaikindo mendorong kemajuan industri otomotif di Indonesia," kata Yohanes.

Dengan GIIAS hadir di Bandung yang merupakan kota besar di Indonesia, Yohanes mengatakan Gaikindo mengharapkan bisa meningkatkan penjualan kendaraan termasuk dibandingkan dengan event yang sama di tahun sebelumnya.

"Tahun ini, hadirnya banyak merek pabrik otomotif dan ada beberapa yang baru, diharapkan dapat menarik konsumen. Sehingga nantinya dapat membantu meningkatkan perkembangan industri otomotif di Indonesia khususnya di Jawa Barat," ujar Yohanes pula.
Baca juga: Wincos kenalkan produk unggulan di GIIAS Bandung
Baca juga: Penyelenggara siapkan enam area parkir bagi event GIIAS Bandung 2024

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024