Jakarta (ANTARA) - Ebook dan Audiobook menjadi opsi baru bagi masyarakat yang ingin menikmati buku dengan format dokumen digital atau audio dengan cara yang lebih praktis melalui gadget.

Meski sama sama digunakan untuk buku, namun ebook dan audiobook memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Berikut perbedaan ebook dan audiobook yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Pengertian dan kelebihan ebook

Pengertian ebook

Ebook merupakan buku yang berbentuk digital atau elektronik yang berisikan informasi, panduan, tutorial, novel seperti selayaknya buku pada umumnya. Dalam penggunaan ebook, Anda dapat memanfaatkan perangkat seluler, komputer dan tablet.

Biasanya isi  ebook tidak jauh berbeda dengan buku cetak karena ebook dibuat untuk mempermudah pengguna dalam mendapatkan referensi buku versi digital. Meskipun belum semua buku berbentuk ebook tetapi sudah banyak buku cetak yang telah dijadikan ebook.

Kelebihan ebook

1. Lebih awet

Dalam memanfaatkan teknologi pastinya akan membuat buku lebih awet karena tidak mudah rusak seperti buku cetak. Sehingga dari segi hal ini, ebook memiliki kelebihan dalam penggunaannya menjadi awet dan biasanya hanya memerlukan kapasitas memori.

2. Ramah lingkungan

Penggunaan ebook jelas ramah lingkungan karena tidak memerlukan tinta dan kertas untuk mencetak buku tersebut.

3. Hemat biaya

Ebook tidak dicetak secara fisik sehingga memiliki harga jual yang relatif lebih murah. Alasan lain yang membuat ebook lebih murah adalah jalur distribusi yang lebih sederhana melalui perangkat, tidak seperti buku konvensional.


Pengertian dan kelebihan audiobook
​​​​​

Pengertian audiobook
​​​​​​
Audiobook adalah media yang memanfaatkan rekaman audio dalam bentuk buku, baik itu berupa teks, gambar maupun ilustrasi. Audiobook lebih disukai kalangan yang lebih mudah memahami isi informasi dengan cara mendengarkan.

Kelebihan audiobook

1. Lebih fleksibel

Audiobook bisa digunakan secara fleksibel karena Anda bisa mendengarkan isi buku sambil melakukan aktivitas lain, misalnya menikmati kopi atau makan.

2. Cocok untuk auditory

Audiobook cocok bagi Anda yang memiliki gaya belajar auditory atau  proses pembelajaran yang mengandalkan pendengaran sebagai penerima informasi dan pengetahuan. Anda juga bisa mengulang-ulang penjelasan yang diinginkan jika diperlukan.


3. Dapat mempelajari kosa kata baru

Audiobook memungkinkan Anda mempelajari kosa kata baru secara otodidak.


Baca juga: Apa saja jenis device untuk membaca ebook?

Baca juga: Rekomendasi aplikasi dan situs ebook resmi, serta cara membelinya

Baca juga: Pengertian ebook dan ragam jenis formatnya

Pewarta: Sean Anggiatheda Sitorus
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024