Jakarta (ANTARA) - eBook adalah buku versi elektronik yang isinya dapat dibaca melalui komputer atau berbagai perangkat genggam. Penggunaan ebook kian populer seiring kemajuan teknologi dan fleksibilitas yang ditawarkan.

Berbagai perangkat seperti ereader, tablet, smartphone, dan komputer kini menawarkan pengalaman membaca yang fleksibel dan nyaman. ereader, seperti Kindle dan Kobo, dirancang khusus untuk meniru pengalaman membaca buku fisik dengan layar e-ink yang ramah mata, sehingga ideal untuk membaca dalam jangka waktu lama.

Sementara itu, tablet dan smartphone memungkinkan pengguna untuk mengakses ribuan judul melalui ragam aplikasi ebook.

Saat ini, banyak aplikasi ebook yang mendukung sinkronisasi antar-perangkat, memungkinkan pembaca untuk melanjutkan membaca dari titik terakhir di perangkat yang berbeda.


Alat membaca ebook

1. E-Reader

E-reader adalah perangkat khusus yang dirancang untuk membaca ebook. Beberapa e-reader populer meliputi:

• Amazon Kindle

Kindle merupakan salah satu e-reader paling terkenal di dunia. Dengan layar e-ink yang ramah mata, Kindle menawarkan pengalaman membaca yang mirip dengan kertas. Berbagai model tersedia, mulai dari Kindle dasar hingga Kindle Oasis yang lebih premium.

• PocketBook
​​​​​​​
E-reader ini menawarkan berbagai fitur menarik, seperti dukungan untuk banyak format file dan pilihan untuk mengatur tampilan teks sesuai keinginan pengguna.

• Kobo
​​​​​​​

Perangkat ini juga menggunakan teknologi e-ink dan memiliki berbagai fitur seperti penyesuaian cahaya dan dukungan untuk berbagai format file.


2. Tablet

Tablet merupakan alat yang dapat membantu membaca ebook. Tablet adalah perangkat portabel yang menggabungkan fungsi komputer dan smartphone, menawarkan layar sentuh yang lebih besar dibandingkan smartphone dan lebih ringan dibandingkan laptop.


3. Smartphone
​​​​​​​
Untuk sebagian banyak orang, smartphone adalah alat utama untuk membaca ebook. Dengan aplikasi seperti Kindle, Kobo, Google Play Books, dan Apple Books, Anda dapat mengakses ribuan ebook hanya dengan satu perangkat.


4. Laptop dan Komputer

Membaca ebook di laptop atau komputer juga merupakan opsi yang layak, terutama bagi Anda yang lebih suka layar yang besar.


Baca juga: Rekomendasi aplikasi dan situs ebook resmi, serta cara membelinya

Baca juga: Pengertian ebook dan ragam jenis formatnya

Baca juga: Digitalisasi berperan positif untuk akses media bacaan
 

Pewarta: Sean Anggiatheda Sitorus
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024