Jakarta (ANTARA) - Portugal memperpanjang kontraknya sebagai tuan rumah penyelenggaraan Kejuaraan Dunia Balap Motor MotoGP di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, untuk musim 2025 dan 2026.

“Kami sangat senang mengumumkan bahwa kami akan balapan di Portugal setidaknya selama dua tahun lagi. Sejak pertama kali kami pergi ke Algarve, tempat itu telah menjadi favorit bagi banyak penggemar dan pembalap,” kata CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta dalam keterangan resmi MotoGP, Rabu.

Ezpeleta menambahkan, Sirkuit Algarve di Portimao memadukan lokasi balapan yang istimewa sehingga mudah menarik penggemar untuk menyaksikan balapan di sana.

“Tempat itu tidak hanya indah untuk balapan, tetapi ajang itu telah meningkat setiap tahun, dan kami sangat bangga dapat memberikan dampak ekonomi, olahraga, dan sosial yang positif di daerah tersebut,” kata Ezpeleta.

“Kami berharap dapat bertemu kembali dengan penggemar kami di Portugal pada 2025 dan 2026,” ujarnya menambahkan.

Di sisi lain, Sekretaris Negara Portugal untuk Pariwisata Pedro Machado mengatakan kehadiran dua Grand Prix lagi menjamin lebih banyak tontonan dan dampak positif kepada negara dan penggemar.

“Dengan mendukung penyelenggaraan inisiatif ini, kita memperkuat reputasi dan daya tarik negara kita dan ini sangat penting dari sudut pandang pariwisata,” jelas Machado.

Baca juga: Pecco sebut tak ada kendala dengan ban jelang GP Mandalika

“Ini juga memiliki dampak ekonomi langsung pada ekonomi regional yang sama pentingnya, karena ini adalah acara yang menarik ribuan orang selama beberapa hari, termasuk penonton dan staf dari tim yang berkompetisi,” ujarnya menambahkan.

Lebih lanjut, Direktur Sirkuit Internasional Algarve Jaime Costa mengatakan merasa terhormat dapat kembali menggelar Grand Prix untuk Kejuaraan Dunia Balap Motor MotoGP.

"Grand Prix Portugal dan lintasan kami, dengan fitur-fitur uniknya di kalender, sudah menjadi tolok ukur bagi para pembalap dan tim,” kata Costa.

“Fakta bahwa kami telah menandatangani kontrak dua tahun memungkinkan kami untuk memandang acara ini dengan cara yang sama sekali berbeda, dengan peningkatan berkelanjutan dalam pengalaman penonton, untuk mencapai rekor jumlah pengunjung ke sirkuit kami dan dampaknya ke negara dan wilayah,” ujarnya menambahkan.

Baca juga: IMI berharap MotoGP Indonesia di Mandalika bisa berkelanjutan
Baca juga: Daftar pembalap motor Indonesia yang tampil di Sirkuit MotoGP Mandalika 2024


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024