Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir menandatangani MoU kerja sama antara PSSI dan federasi sepak bola Belanda KNVB (Koninklijke Nederlandse Voetbalbond) untuk percepatan prestasi sepak bola di Indonesia.

Menurut Erick, konsistensi prestasi yang ditorehkan juara Piala Eropa 1988 itu dan pembinaan terstruktur di berbagai level usia pemain di Belanda, menjadi dasar kolaborasi antara dua federasi yang sebenarnya memiliki hubungan historis panjang.

"Ini kelanjutan dari pertemuan pada bulan Mei lalu, yakni PSSI dan KNVB sepakat untuk mengembangkan hubungan yang lebih kuat antara asosiasi masing-masing untuk keuntungan bersama, perkembangan promosi, dan kesuksesan sepak bola yang berkelanjutan di setiap negara," kata Erick melalui keterangan resminya di Jakarta saat menerima tiga orang perwakilan KNVB, Rabu.

"Indonesia tentu yang akan banyak belajar, dan saya senang karena KNVB siap membantu dan memberikan apa yang kami butuhkan," lanjutnya.

Baca juga: PSSI bersama KNVB sepakat kerja sama pembinaan talenta muda sepak bola

Pria 54 tahun itu menambahkan, dalam kunjungan federasi sepak bola Belanda yang diwakili oleh Gijs de Jong (Secretary General KNVB), Michael van der Star (Head of International Program & WorldCoaches), dan Ruud van der Sar (Head of Sales, New Partnership ) itu, juga ditandatangani nota kesepakatan untuk mempromosikan sepak bola di berbagai level internasional.

Salah satu poinnya adalah untuk meningkatkan kualitas dan pengalaman timnas Indonesia di semua kelompok umur baik putra dan putri.

Melalui kerja sama ini, ia optimistis banyak muncul pemain-pemain berbakat di masa depan.

"Salah satu poin dari kemitraan ini ditujukan untuk meningkatkan kualitas dan pengalaman tim nasional Indonesia di semua kelompok umur baik putra maupun putri. Dengan fokus utama pada peningkatan kualitas pemain bertalenta dan berusia muda, kami optimistis akan banyak pemain berbakat Indonesia kian berkembang melalui kerjasama ini," kata Erick.

Lebih lanjut, kerja sama antara PSSI dan KNVB ini akan membuat kedua negara rutin mempertemukan timnasnya dalam laga-laga persahabatan.

Erick juga menyatakan babak baru kerjasama antara PSSI dan KNVB juga difokuskan pada berbagai proyek pengembangan, salah satunya, pendidikan pelatih sepak bola Indonesia.

Baca juga: Erick: PSSI-KNVB jalin kemitraan untuk pengembangan tim nasional

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024