BAZNAS adalah sahabat sejati Presiden Joko Widodo. Presiden Joko Widodo memiliki empati dan kepedulian yang sangat tinggi terhadap BAZNAS dan agama
Samarinda (ANTARA) -
Presiden Joko Widodo membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) se-Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Rabu (25/9).
 
"Rakornas BAZNAS kali ini diadakan di Balikpapan, namun pembukaannya dilakukan di IKN. Banyak yang ingin melihat IKN, dan saya senang bisa menyambut kalian di Istana Negara Nusantara," ujar Presiden Jokowi di hadapan para pimpinan BAZNAS dari seluruh provinsi dan kabupaten/kota.

Baca juga: Baznas gandeng swasta gelar pelatihan menjahit di Kabupaten Semarang
 
Pada kesempatan tersebut, Presiden mengapresiasi BAZNAS yang telah melakukan digitalisasi dalam berbagai kegiatan.
 
Pertumbuhan zakat di Indonesia naik 30 persen per tahun. Jokowi berharap BAZNAS terus melakukan terobosan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat.
 
Presiden juga menyoroti pentingnya tata kelola yang baik dan transparansi dalam pengelolaan zakat. Indonesia adalah negara paling dermawan di dunia. Dengan digitalisasi, kita bisa menjangkau mustahik dengan cepat dan efisien.
 
Dengan demikian, Presiden berharap program zakat melalui BAZNAS dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas, terutama melalui program pemberdayaan usaha mikro dan kecil.
 
Ketua BAZNAS RI Noor Achmad menegaskan komitmen pihaknya untuk terus mendukung agenda pembangunan nasional dengan semangat yang sejalan dengan kebangkitan Indonesia melalui Ibu Kota Nusantara.
 
Noor Achmad mengungkapkan kekagumannya terhadap IKN yang dianggapnya sebagai ibu kota yang ikonik di dunia. Ia menambahkan bahwa kehormatan ini menjadi simbol sinergi yang kuat antara pemerintah pusat, daerah, dan BAZNAS dalam membangun Indonesia yang lebih sejahtera.

Baca juga: Baznas beri layanan kesehatan dan psikososial penyintas gempa Bandung
 
Menurut Noor Achmad, BAZNAS adalah sahabat sejati Presiden Joko Widodo. Presiden Joko Widodo memiliki empati dan kepedulian yang sangat tinggi terhadap BAZNAS dan agama.
 
Seluruh keluarga besar BAZNAS juga menyampaikan terima kasih yang mendalam, yang tercermin dalam gerakan cinta zakat yang diluncurkan pada 2021-2022 dan dilanjutkan dengan gerakan berzakat.
 
Noor Achmad menegaskan bahwa BAZNAS akan terus berkomitmen untuk mendukung pembangunan nasional dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui zakat.
 
Dengan semangat kebangkitan Indonesia dan dukungan penuh dari pemerintah, BAZNAS bertekad untuk menjadi pilar penting dalam pembangunan nasional.
 
"Kami akan terus berupaya untuk mendukung agenda pembangunan nasional dengan semangat yang sejalan dengan kebangkitan Indonesia melalui adanya IKN," demikian Noor Achmad.

Baca juga: Baznas RI salurkan 2.500 paket makanan untuk penyintas gempa Bandung

Pewarta: Ahmad Rifandi
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024