Jakarta (ANTARA) -
Selain terkenal akan musik K-Pop dan drama, Korea Selatan juga menjadi rumah bagi gedung tertinggi keenam di dunia yaitu Lotte World Tower.
 
Lotte World Tower merupakan gedung pencakar langit yang menjadi arsitektur modern di dunia. Terletak di pusat kota Seoul, Korea Selatan, Lotte World Tower menyuguhkan arsitektur modern setinggi 555 meter dan 123 lantai.

Keunikannya tidak hanya terletak pada ketinggiannya saja, tapi, juga pada desain bangunan yang menawan dan fasilitas yang ditawarkan tak kalah menariknya.
 
Lotte World Tower dibangun di atas luas tanah 26.500 pyeong (satuan ukuran Korea, sekitar 87.603 meter persegi), pembangunannya, yang menelan biaya 4,2 triliun won, dimulai pada 2011 hingga selesai pada 2016. 
 
Desain menara Lotte World Tower terinspirasi dari paduan seni lokal Korea yang diadaptasi menjadi struktur modern dengan lapisan kaca yang ramping. Dengan fasad kaca yang memantulkan sinar matahari, gedung itu terlihat bersinar dan berubah warna bergantung pada waktu dan cuaca.
 
Pada malam hari, Lotte World Tower menjadi salah satu gedung yang paling menarik perhatian dengan pencahayaan khusus untuk mempercantik gedung. Atap gedung, yang menyerupai lentera diagrid, terbuat dari rangka baja yang bisa menahan beban, termasuk gempa dan angin.
 
Dirancang oleh biro arsitek Kohn Pedersen Fox, gedung itu juga bisa dikunjungi wisatawan yang ingin melihat pemandangan kota Seoul dari ketinggian, bahkan Laut Kuning dan sedikit bagian Korea Utara bisa terlihat jika cuaca cerah.
 
Fasilitas gedung Lotte World Tower
 
Gedung itu tidak hanya sekadar pusat perkantoran, tapi, juga hotel mewah, apartemen kelas atas, pusat perbelanjaan, bahkan hiburan lainnya.
 
Di bagian dasar Lotte World Tower, pengunjung bisa menemukan Lotte World Mall, pusat perbelanjaan besar yang terdapat berbagai toko internasional dan lokal. Selain itu, terdapat juga bioskop dan akuarium yang cocok untuk hiburan keluarga.

Hotel di gedung itu terletak di 76 hingga 101, yaitu Signiel Hotel.
 
Incaran para pengunjung ketika berkunjung ke Lotte World Tower adalah dek observasi yang sering disebut Seoul Sky, terletak di lantai 117-123. Dari sana, pengunjung bisa menikmati pemandangan 360 derajat kota Seoul.

Dek itu juga dilengkapi dengan lantai kaca yang tebalnya 45 milimeter, membuat pengunjung bisa melihat langsung ke bawah dari ketinggian lebih dari 500 meter.
 
Untuk sampai ke lantai puncak menara itu, pengunjung dapat menggunakan lift yang disebut Sky Shuttle. Hanya dalam satu menit, pengunjung akan tiba di lantai 118.

Dengan kecepatan 600 meter per menit, lift itu memegang rekor tercepat dan tertinggi di dunia. 
 
Uniknya, di dalam keempat sisi ruang lift terdapat video animasi tentang sejarah Seoul hingga bangunan Lotte Tower World dengan grafis 15 Organic Light-Emitting Diode (OLED) yang memberikan kesan animasi film 4D.
 
Lotte World Tower dibangun dengan teknologi ramah lingkungan. Bangunan ini menggunakan sistem pengelolaan energi yang efisien dan memiliki sertifikasi LEED Gold, yang merupakan standar internasional untuk bangunan hijau.

Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024