berkampanye dengan adu gagasan dan menjauhi hoaks, politik uang, dan menjelek-jelekkan pasangan calon lain
Jakarta (ANTARA) - Blusukan dan temu warga menjadi strategi kampanye tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta pada tahapan pemilihan kepala daerah.

Berdasarkan berbagai keterangan yang dihimpun Antara di Jakarta, Rabu, tiga pasangan calon yakni nomor urut satu Ridwan Kamil-Suswono, nomor urut dua  Dharma Pongrekun-Kun Wardana, dan Pramono Anung-Rano Karno sama-sama akan melakukan blusukan dan temu warga untuk menjaring pemilih pada Pilkada DKI Jakarta.

Baca juga: Bawaslu: Deklarasi damai dan berintegritas wujud komitmen Pilkada 2024
 
"Blusukan, tanya jawab, temu wicara, ketemu tokoh, kampanye kreatif untuk menjangkau Gen Z. Tidak hanya sekali. Insyaallah enam kali," kata calon gubernur nomor urut satu di Pilkada 2024 Ridwan Kamil.
 
Paslon nomor satu ini juga berkomitmen untuk berkampanye dengan adu gagasan dan menjauhi hoaks, politik uang, dan menjelek-jelekkan pasangan calon lain.

Pasangan calon gubernur nomor urut dua di Pilkada 2024 yakni Dharma Pongrekun-Kun Wardana berkunjung ke Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Rabu (25/9/2024). ANTARA/Siti Nurhaliza

Sedangkan pasangan calon gubernur nomor urut dua di Pilkada 2024 yakni Dharma Pongrekun-Kun Wardana menjelaskan strategi kampanye untuk menjangkau semua wilayah dan warga Jakarta yang digunakan salah satunya dengan metode blusukan secara daring (online).
 
"Kita akan gunakan metode blusukan online.  Jadi  warga yang  agak sulit untuk kita kunjungi disarankan dilakukan secara daring berbagai RT dan RW dan kita bisa dijangkau kapan pun dan di mana pun," kata calon wakil gubernur nomor urut dua di Pilkada 2024 Kun Wardana.

Baca juga: Bawaslu: Narasi coblos tiga pasangan calon tidak dapat dibenarkan
 
Kun Wardana menyebut berbagai jalur mulai dari turun ke lapangan langsung hingga virtual seperti zoom, telegram, dan lain sebagainya akan dilakukan pihaknya untuk mendengarkan segala aspirasi masyarakat demi kemajuan Jakarta.
 
Calon gubernur nomor urut dua, Dharma Pongrekun juga menjelaskan lokasi kampanye perdananya di Lapangan Banteng ini sebagai momentum memahami makna filosofi mengenai pembebasan.
 
"Kami memilih Lapangan Banteng bukan untuk mengumpulkan massa tetapi mengambil makna.  Filosofinya yang  mana Lapangan Banteng seperti yang terlihat di patung yang ada pembebasan Irian Jaya. Ini momentum kita untuk membebaskan rakyat Jakarta dan memberikan rasa aman, didahului dengan fondasi membangun adab di antara kita nanti," jelas Dharma.
 
Sedangkan pasangan calon nomor urut tiga di Pilkada Jakarta 2024, Pramono Anung-Rano Karno menegaskan akan fokus menjaga perdamaian dan kekeluargaan, dengan membuat kampanye riang gembira dan bekerja penuh untuk memenangkan kontestasi ini.
 
"Kita buat kampanye jadi riang gembira dan perlu dengan hal yang positif dan memberikan vibes (iklim) yang positif bagi bangsa," kata calon gubernur DKI Jakarta nomor urut tiga, Pramono di Jakarta, sebelumnya.
 
Selain itu, Pramono mengatakan akan fokus menyampaikan beragam gagasan untuk memberikan pelajaran dan pendidikan demokrasi bagi para pemilih, serta bersama-sama menjaga agar nilai gotong royong tetap bertahan.

Baca juga: Bawaslu DKI proses lima laporan dugaan pelanggaran pemilu
 
Adapun berdasarkan jadwal tahapan Pilkada 2024, pelaksanaan kampanye dimulai pada 25 September-23 November 2024.
 
Kemudian KPU menetapkan masa tenang setelah kampanye pada 24-26 November 2024 sebelum pemungutan suara pada 27 November 2024.
 
Selanjutnya, penghitungan suara dan rekapitulasi hasil penghitungan suara dilakukan pada 27 November-16 Desember 2024.

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024