Jakarta (ANTARA) - Ebook atau buku elektronik telah menjadi opsi mudah untuk mengakses literatur dan sumber bacaan melalui perangkat komputer, tablet, dan smartphone.

Penggunaan ebook telah mulai menggantikan buku cetak karena memberikan berbagai keuntungan, seperti kemudahan untuk membaca tanpa harus membawa buku fisik yang berat.

Terdapat banyak situs dan aplikasi resmi yang menyediakan berbagai buku digital, baik secara gratis maupun berbayar. Namun, untuk buku yang ditawarkan secara gratis, biasanya ada batasan waktu untuk masa bacanya.

Berikut beberapa rekomendasi aplikasi dan situs resmi ebook yang dapat Anda gunakan,serta cara untuk membeli ebook dengan resmi.

Aplikasi dan situs Ebook

1. Google play books

Google Play Books adalah aplikasi pembaca ebook yang dibuat oleh Google. Salah satu keuntungan utama dari aplikasi ini adalah kemampuannya untuk menyinkronkan koleksi buku Anda di berbagai perangkat, termasuk smartphone, tablet, dan komputer. Selain itu, Google Play Books dilengkapi dengan fitur penandaan halaman, catatan, dan pencarian yang memudahkan Anda menemukan konten yang diperlukan.


2. Gramedia Digital

Gramedia sebagai salah satu toko buku besar yang ada di Negara Indonesia. Kini menyediakan layanan berbasis online, dengan memudahkan pengguna untuk membeli ebook bernama Gramedia Digital. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat membeli ebook dengan mudah. Gramedia Digital menawarkan berbagai fitur menarik yang bermanfaat setiap pengguna.


3. Kindle

Kindle adalah aplikasi dan perangkat pembaca ebook yang dikembangkan oleh Amazon. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membeli, mengunduh, dan membaca berbagai jenis ebook, termasuk novel, buku non-fiksi, majalah, dan surat kabar.


4. Kobo

Kobo adalah platform pembaca ebook dan aplikasi yang menyediakan akses ke berbagai ebook. Kobo dirancang untuk menawarkan pengalaman membaca yang nyaman dan fleksibel di berbagai perangkat. Aplikasi Kobo tidak hanya menawarkan layanan ebook, tetapi juga dilengkapi dengan fitur audiobook yang dapat langsung digunakan. Ini berarti Anda bisa mendengarkan bacaan dari ebook tanpa harus membacanya sendiri.


5. Open library
​​​​​​​

Open Library merupakan situs website, perpustakaan digital yang bertujuan untuk menyediakan akses gratis ke berbagai ebook dan bahan bacaan secara online. Situs ini, memiliki koleksi yang luas, mencakup jutaan judul dari berbagai genre, termasuk fiksi, non-fiksi, buku teks, dan literatur klasik.


Cara membeli ebook secara resmi

Setiap platform mungkin mempunyai cara – cara yang berbeda di setiap pembelian ebook. Sebagai contoh, berikut ini adalah cara pembelian menggunakan aplikasi resmi dengan google play books:

1. Unduh aplikasi google play books melalui play store (android) dan app store (iOS).

2. Jika sudah, buka aplikasi dan daftarkan akun Anda.

3. Temukan judul ebook atau lihat rekomendasi yang tersedia sesuai dengan minat Anda. Selain ebook yang berbayar terdapat juga beberapa buku yang dapat diakses secara gratis tanpa biaya.

4. Setelah Anda pilih ebook yang ingin Anda beli, lanjutkan dengan pilih ”Beli” dengan harga yang tercantum.

5. Lakukan proses pembayaran dengan berbagai metode yang tersedia.

6. Jika sudah membayar, ebook yang Anda pilih di google play books bisa diunduh secara langsung.

Baca juga: Pengertian ebook dan ragam jenis formatnya

Baca juga: Digitalisasi berperan positif untuk akses media bacaan

Baca juga: Audiobook Storytel masuk ke Indonesia tahun ini

Pewarta: Sean Anggiatheda Sitorus
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024