Jakarta (ANTARA) - Dalam era digital, membaca buku tidak lagi terbatas pada bentuk fisik. Ebook atau buku elektronik telah menjadi alternatif populer yang menawarkan kemudahan akses bagi pembacanya.

Ebook merupakan versi digital dari buku yang dapat dibaca di berbagai perangkat seperti komputer, tablet, atau amartphone dengan berbagai format yang tersedia yakni PDF, EPUB, MOBI, hingga PDB.

Saat ini, ebook setidaknya telah mulai menggantikan penggunaan buku cetak karena menawarkan berbagai keuntungan yang memungkinkan membaca untuk membawa ribuan buku dalam satu perangkat tanpa perlu ruang fisik tambahan.

Sebelum Anda mencari ebook, penting untuk memahami pengertian ebook dan berbagai format penyimpanannya untuk memastikan Anda dapat memilih jenis yang paling sesuai dengan perangkat yang Anda.

Pengguna dapat mengunduh ebook dari berbagai platform, termasuk situs web, toko online, atau melalui layanan perpustakaan digital.

Ebook sering kali dilengkapi dengan fitur interaktif seperti pencarian teks, hyperlink, dan kemampuan untuk menyesuaikan ukuran huruf guna meningkatkan pengalaman membaca.

Selan itu, ebook biasanya disusun dalam format file tertentu yang memudahkan pembaca untuk mengakses konten dengan berbagai perangkat.


Format – format ebook

Berikut adalah format ebook yang umum digunakan, diantaranya:

1. PDF (Portable Document Format)

PDF adalah salah satu format yang paling umum digunakan untuk ebook. Keunggulan format ini adalah kemampuannya untuk mempertahankan tata letak asli dari dokumen, yang sama sekali tidak bisa diubah.


2. EPUB (Electronic Publication)

EPUB dirancang untuk menyediakan pengalaman membaca yang lebih fleksibel. EPUB memungkinkan teks untuk disesuaikan dengan ukuran layar perangkat, sehingga sangat cocok untuk perangkat mobile.


3. MOBI (Mobipocket)

MOBI merupakan, format yang dikembangkan oleh Mobipocket dan umum digunakan oleh perangkat Kindle milik Amazon. Format ini mendukung fitur-fitur seperti bookmark dan anotasi, dan dapat dengan mudah diakses melalui aplikasi Kindle.


4. AZW (Amazon Word)

AZW format khusus yang digunakan oleh Amazon untuk ebook di Kindle. Format ini memiliki kemampuan yang mirip dengan MOBI. Ebook dalam format AZW hanya dapat dibaca di perangkat Kindle atau aplikasi Amazon Kindle.


5. CHM atau Compressed HTML

Compressed HTML adalah format ebook yang merupakan hasil kompres dari format HTML. CHM hanya dapat diakses melalui perangkat bersistem operasi Windows.


6. KF8 (Kindle Fire)

Format Kindle Fire yang diproduksi oleh Amazon dikenal juga dengan sebutan azw3. Seperti format .AZW dan MOBI, KF8 dapat diakses di perangkat Amazon seperti Kindle. KF8 dianggap sebagai pengganti dari format Mobi yang lebih lama.


7. PDB (Palm File Database)

Format ebook ini, dirancang untuk platform PalmOS. Format ini tidak terkait dengan Amazon atau HTML, melainkan berfokus pada sistem operasi Palm. PDB dapat diakses menggunakan PalmDoc (AportisDoc) atau aplikasi eReader lain yang mendukung format ini.

Baca juga: Digitalisasi berperan positif untuk akses media bacaan

Baca juga: GeeTest Lansir Serial eBook "Bot Management 101"

Baca juga: Kemenkominfo identifikasi belasan hoaks selama sepekan kampanye Pemilu
 

Pewarta: Sean Anggiatheda Sitorus
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024