Jakarta (ANTARA) - Carlos Alcaraz menjadi petenis ketiga yang lolos ke ATP Finals yang akan diadakan di Inalpi Arena di Turin pada 10-17 November.

Petenis Spanyol itu bergabung dengan Jannik Sinner dan Alexander Zverev, menyisakan lima tempat tunggal di turnamen akhir musim yang bergengsi itu, demikian pengumuman yang disiarkan dalam situs resmi ATP, Rabu.

Petenis berusia 21 tahun itu mendapatkan tempatnya di acara tersebut untuk tahun ketiga berturut-turut. Ia tidak berkompetisi pada 2022, tahun di mana dia mengklaim penghargaan ATP Year-End No. 1 atau peringkat satu akhir tahun karena cedera.

Alcaraz menggandakan jumlah gelar major yang ia raih musim ini, muncul sebagai juara di Roland Garros dan Wimbledon.

Ia menjadi orang keenam di era Open yang memenangi gelar ganda Roland Garros-Wimbledon pada tahun yang sama, bergabung dengan Rod Laver, Bjorn Borg, Rafael Nadal, Roger Federer, dan Novak Djokovic.

Alcaraz juga mengangkat trofi ATP Masters 1000 kelima dalam kariernya di Indian Wells dan meraih medali perak tunggal putra di Olimpiade Paris. Ia memiliki catatan menang kalah 43-9 untuk musim ini.

Tahun lalu, Alcaraz melakoni debutnya di ATP Finals dengan mencapai semifinal. Ia mengalahkan Daniil Medvedev dan Andrey Rublev dalam babak penyisihan grup untuk melaju ke empat besar, di mana ia kalah dari sang juara Djokovic.

Baca juga: Alcaraz kalahkan Fritz untuk menangi Laver Cup bagi Tim Eropa
Baca juga: Alcaraz bawa tim Spanyol awali Piala Davis dengan kemenangan

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024