Jakarta (ANTARA) - Dalam Islam, terdapat istilah penyakit ain, yakni penyakit non-medis atau supranatural yang disebabkan oleh pandangan mata yang diliputi perasaan iri hati dan dengki.

Penyakit ain bisa dihindari, salah satunya melalui ikhtiar dengan memperbanyak doa untuk memohon perlindungan Allah SWT.

Melansir laman NU Online, terdapat doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW untuk memohon perlindungan Allah SWT agar terhindar penyakit ain, sebagai berikut:

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّةِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّةٍ

Artinya: “Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari semua setan, binatang yang beracun dan ‘Ain yang menyakitkan” (HR al-Bukhari).

أُعِيْذُكَ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّةِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لاَمَّةٍ. اَللَّهُمَّ بَارِكْ فِيْهِ وَلَا تَضُرَّهُ

U‘îdzuka bikalimâtillâhit tâmmati min kulli syaithânin, wa hâmmatin, wa min kulii ‘ainin lâmmah. Allâhumma bârik fîhi, wa lâ tadhurrah.

Artinya: “Aku menyerahkan perlindunganmu dengan kalimat Allah yang sempurna dari segala gangguan setan, binatang melata/serangga, dan segala pengaruh mata jahat. Tuhanku, turunkan keberkahan-Mu pada anak ini. Jangan izinkan sesuatu membuatnya celaka.”

Doa terhindar ain ini dipanjatkan oleh Rasulullah SAW ketika memohon perlindungan bagi cucunya Hasan dan Husein dari gangguan setan dan pengaruh pandangan mata jahat atau ain. Doa ini juga bisa dibaca untuk melindungi anak-anak dari pengaruh ain. Bagi umat muslim memandang terutama pada anak-anak sebaiknya dibarengi doa.


Baca juga: Mengenal pengertian penyakit ain dalam Islam

Baca juga: Apa itu pawang hujan dan hukumnya dalam Islam?

Baca juga: Menonton film porno dosa? Ini hukumnya dalam Islam

Pewarta: Sri Dewi Larasati
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024