Pemantauan ini dilakukan untuk mengevaluasi kondisi fisik kapal serta kelengkapan fasilitas keselamatan dan dokumen yang diperlukan.
Ambon (ANTARA) - Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Provinsi Maluku melaksanakan kegiatan pemantauan kelayakan terhadap KMP Roka Tenda di Pelabuhan Hunimua Ambon.

Langkah itu merupakan bagian dari upaya berkelanjutan untuk memastikan keselamatan dan keamanan dalam transportasi laut di wilayah Maluku.

“Pemantauan ini dilakukan untuk mengevaluasi kondisi fisik kapal serta kelengkapan fasilitas keselamatan dan dokumen yang diperlukan,” kata Pengolah Data Kehumasan dan Publikasi BPTD Maluku Mohammad Fausan Salatalohy, di Ambon, Selasa (24/9).

Ia mengatakan, pihak BPTD tentunya berkomitmen untuk memastikan bahwa semua kapal yang beroperasi di perairan Maluku memenuhi standar kelayakan yang telah ditetapkan. Ini adalah langkah penting untuk melindungi keselamatan penumpang dan kru kapal.

Dalam pemantauan tersebut, tim BPTD melakukan kegiatan pemeriksaan menyeluruh terhadap beberapa fasilitas yang dimiliki KMP Roka Tenda. Pemeriksaan mencakup aspek-aspek seperti kondisi mesin, alat keselamatan, serta sertifikasi yang diperlukan.

Selain itu, tim juga melakukan dialog dengan para nakhoda dan pemilik kapal untuk memberikan edukasi mengenai pentingnya pemeliharaan kapal secara rutin.

Fausan menambahkan bahwa BPTD Maluku akan terus bekerja sama dengan instansi terkait, termasuk Dinas Perhubungan dan Syahbandar, untuk meningkatkan pengawasan dan penegakan regulasi terkait keselamatan pelayaran.

"Kami mengajak semua pihak untuk berperan aktif dalam menjaga keselamatan di laut, termasuk pemilik kapal untuk melakukan perawatan berkala," ujarnya.

Ia mengaku, pemeriksaan ini akan dilakukan secara rutin tidak hanya untuk KMP Roka Tenda, tetapi bagi semua kapal yang beroperasi di perairan Maluku dan di bawah pengawasan BPTD.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya kelayakan kapal dan keselamatan pelayaran di wilayah tersebut.

Melalui langkah-langkah ini, BPTD Maluku berharap dapat menciptakan lingkungan transportasi laut yang lebih aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat.
Baca juga: BPTD Maluku mencatat 865 kendaraan masuk ke Ambon hari ini
Baca juga: BPTD Maluku merampungkan pembangunan Pelabuhan Dobo di Aru


Pewarta: Winda Herman
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024