Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik kemarin yang menjadi sorotan di antaranya Presiden Joko Widodo mendarat perdana di IKN hingga jawaban PDIP soal kemungkinan bergabung dengan koalisi pemerintahan Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

Berikut rangkuman ANTARA untuk berita politik kemarin yang menarik untuk kembali dibaca:

1. Presiden Jokowi mendarat perdana di Bandara IKN Selasa siang

Presiden RI Joko Widodo diagendakan mendarat perdana di Bandara Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, pada Selasa siang, menggunakan pesawat kepresidenan dari Pontianak, Kalimantan Barat.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana mengatakan Presiden Jokowi menggunakan Pesawat Kepresidenan RJ85 dari Pontianak menuju Bandara IKN.

Presiden dijadwalkan menuju IKN setelah meresmikan Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) milik PT Borneo Alumina Indonesia di Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat pada Selasa pagi.

Baca selengkapnya di sini.

2. Wamenkominfo sebut layanan PDNS 2 sudah pulih total

Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria menyebut bahwa layanan Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 yang terdampak insiden serangan siber saat ini telah pulih sepenuhnya.

"Per tanggal 25 Agustus, semua layanan publik prioritas telah pulih 100 persen, dan data yang terkena ransomware telah selesai dideskripsi sehingga seluruh data sudah bisa ada untuk diakses kembali," ucap dia dalam rilis pers di Jakarta.

Ia menyatakan proses peninjauan terhadap PDNS 2 juga telah tuntas dan tengah menunggu validasi dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk memastikan kepatuhan terhadap aturan keamanan data.

Baca selengkapnya di sini.

3. Ketua KPU RI ajak paslon peserta pilkada lakukan kampanye dengan damai

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (RI) Mochammad Afifuddin mengajak semua pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah melakukan kampanye dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 dengan damai untuk menjaga situasi daerah tetap kondusif.

"Deklarasi damai pilkada dilakukan sebelum masuk tahapan kampanye, upaya jaga situasi agar kondusif saat tahapan kampanye," jelas Mochammad Afifuddin di Kota Balikpapan, Selasa.

Ajakan tersebut disampaikan Ketua KPU RI Mochammad Afifuddin saat menghadiri deklarasi pilkada damai.yang digelar di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Dome di Kota Balikpapan.

Baca selengkapnya di sini.

4. Pemerintah dan DPR sepakati 122 RUU Kabupaten/Kota di-"carry over"

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mewakili Pemerintah bersama Komisi II DPR RI menyepakati 122 Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Kabupaten/Kota yang belum disetujui menjadi UU untuk di-carry over atau dilanjutkan pada periode selanjutnya.

“Ya, 122-nya di carry over di masa berikutnya, ya,” kata Tito usai menghadiri rapat kerja bersama Komisi II DPR RI di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa.

Sementara itu, Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tandjung dalam rapat kerja bersama tersebut juga mengatakan bahwa 122 RUU mengenai kabupaten/kota perlu ditunda dan dilanjutkan pembahasannya oleh anggota dewan periode berikutnya.

Baca selengkapnya di sini.

5. Puan sebut tak ada yang tak mungkin soal PDIP gabung ke Prabowo

Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani mengatakan bahwa tak ada yang tak mungkin saat menjawab pertanyaan peluang partainya bergabung ke koalisi pemerintahan Prabowo Subianto.

"Insya Allah, tidak ada yang tidak mungkin," kata Puan di kompleks parlemen, Jakarta, Selasa.

Puan mengatakan bahwa PDI Perjuangan sejauh ini selalu berkomunikasi dengan pihak Prabowo, khususnya setelah selesai pelaksanaan Pilpres 2024.

Baca selengkapnya di sini.

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024