rencananya tugu akan diresmikan pada akhir Desember 2024 sesuai kontrak berakhir
Banjarbaru, Kalsel (ANTARA) - Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Kalimantan Selatan (PUPR Kalsel) mengejar target pembangunan Tugu Pal Nol Banjarmasin selesai pada akhir Desember 2024.

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Provinsi Kalsel Yulianti Erlynah di Banjarbaru, Selasa, mengatakan pembangunan fisik Tugu Pal Nol yang menyerap biaya sebesar Rp120 miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tersebut sudah mencapai 95 persen.

Ia mengatakan pembangunan Tugu Pal Nol menyisakan tahap penyelesaian pada selubung selendang dan pengerjaan lampu yang masuk pada Anggaran Belanja Tambahan (ABT) 2024.

"Insya Allah, kita menganggarkan lampu pada ABT dan rencananya tugu akan diresmikan pada akhir Desember 2024 sesuai kontrak berakhir dan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor berencana merayakan tahun baru di situ," ujar Yulianti.

Baca juga: PUPR Kalsel: Pembangunan Tugu Nol Kilometer selesai sesuai target
Baca juga: Wali Kota Medan: Tugu titik nol dibangun kembali seperti zaman Belanda


Yulianti menuturkan Tugu Pal Nol memiliki tinggi keseluruhan 99 meter termasuk 66 meter yang dapat diakses menggunakan lift dengan berbagai fasilitas yang tersedia, seperti teropong, museum, kafe dan amphitheater.

Yulianti mengungkapkan seluruh fasilitas tersebut mulai digunakan setelah peresmian termasuk sarana teropong untuk melihat lanskep Kota Banjarmasin dari ketinggian.

Yulianti menambahkan Pemprov Kalsel akan menggelar rapat terkait pengelolaan dan pemeliharaan setelah pembangunan Tugu Pal Nol selesai melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) atau pihak lain.

"Dinas PUPR Kalsel hanya membangun bangunan fisik, untuk pengelolaan diputuskan pimpinan, tetapi harus ada pemasukan untuk daerah seperti di Monas Jakarta ada biaya masuk," ungkap Yulianti.

Baca juga: BPBD Kota Sabang sebut jembatan darurat ke Kilometer Nol dibangun
Baca juga: Peta NKRI termutakhir diluncurkan di Tugu KM Nol
Baca juga: Seniman 15 Kota Minta Pembenahan Tugu Kilometer Nol

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024