Kami setiap hari melaksanakan patroli, tidak hanya pagi, siang, bahkan sampai subuh.
Bekasi (ANTARA) - Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol. Dani Hamdani tak menampik ada suara tembakan untuk membubarkan para remaja yang hendak tawuran sebelum insiden berujung penemuan tujuh jasad di Kali Bekasi, Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Berdasarkan laporan dari warga, dia mengatakan bahwa Tim Presisi Polres Metro Bekasi Kota melakukan patroli untuk mencegah tawuran ke gubuk warung di Jalan Cipendawa yang menjadi tempat kumpul para remaja tersebut.

"Ada tembakan untuk membubarkan massa," katanya.

Kombes Pol. Dani mengemukakan hal itu ketika mendampingi Komisi III DPR RI melakukan kunjungan kerja spesifik untuk meninjau lokasi kejadian kasus penemuan mayat di Kali Bekasi.

Kapolres mengungkapkan bahwa Propam Mabes Polri sudah memeriksa semua Tim Presisi Polres Metro Bekasi Kota yang berpatroli untuk menghalau aksi tawuran tersebut.

Ia mengatakan bahwa pihaknya memang kerap melakukan patroli untuk mencegah tindak kejahatan di wilayah tersebut, tak terkecuali ketika para remaja itu diduga hendak melakukan tawuran pada Sabtu (21/9) dini hari.

"Kami setiap hari melaksanakan patroli, tidak hanya pagi, siang, bahkan sampai subuh. Kejadian pada pukul 03.00, pukul 04.00 itu kami melakukan patroli," ucapnya.

Dari patroli tersebut, dia menuturkan bahwa pihaknya mengamankan sejumlah senjata tajam (sajam) dari tangan remaja berusia 15 hingga 20 tahun itu, di antaranya parang, golok, hingga stick golf.

"Kami mengamankan 30 kendaraan, di samping tadi alat-alat senjata tajam yang tadi ada itu," ucapnya.

Baca juga: Komisi III DPR koreksi jika ada penyimpangan kasus jasad Kali Bekasi
Baca juga: Komisi III dukung investigasi Polres Bekasi kasus jasad Kali Bekasi


Menyoal aksi tawuran, dia mengatakan bahwa pihaknya melakukan langkah-langkah pencegahan dengan memberikan imbauan kepada masyarakat hingga penegakan hukum atas penggunaan senjata tajam.

"Kami melakukan penegakan hukum terhadap tadi ada senjata tajam, ada tindak pidana yang terjadi karena permasalahan ini (tawuran), kemudian kami proses secara hukum sampai ke pengadilan," tuturnya.

Ia menegaskan bahwa komitmen kepolisian dalam mengusut kasus penemuan tujuh jasad di Kali Bekasi itu akan transparan dan akuntabel sehingga kinerja kepolisian bisa diukur langsung oleh khalayak.

Pada saat meninjau lokasi ditemukannya tujuh jasad di Kali Bekasi, Wakil Ketua Komisi III DPR RI Habiburokhman mengatakan bahwa berdasarkan informasi yang diterimanya terdapat palung di lokasi kali sejumlah remaja diduga hendak tawuran itu menceburkan diri untuk menghindari patroli polisi.

"Lari ke belakang situ, ternyata itu memang kali, langsung kali yang ada palungnya, palungnya itu 6 meter. Airnya mutar itu karena hujan, kita liat tuh ada pusaran-pusaran, mungkin itulah yang jadi penyebab, kami enggak mau berasumsi dahulu," kata Habiburokhman.

Sebelumnya, warga menemukan tujuh mayat mengambang di Kali Bekasi, tepatnya belakang Masjid Al Ikhlas Perumahan Pondok Gede Permai RT004/RW008, Jatirasa, Jatiasih, Kota Bekasi pada hari Minggu (22/9) pukul 06.00 WIB dan dilaporkan pada pukul 07.00 WIB.

Polisi menyebutkan penemuan tujuh mayat itu diduga karena tawuran, terlebih saat itu polisi sedang patroli untuk mencegah peristiwa itu.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024