penerbangan langsung akan membuat barang-barang akan cepat sampai ke Indonesia. Ini akan membantu dunia usaha
Jakarta (ANTARA) - Penyedia jasa logistik dunia DHL Express yakin dengan perekonomian Indonesia sehingga terus mengembangkan bisnisnya antara lain dengan membuka rute penerbangan langsung dari Hong Kong ke Jakarta dan membangun gedung baru di Surabaya.

"Indonesia prospeknya luar biasa tinggi," kata Senior Technical Advisor DHL Express Indonesia Ahmad Mohamad di Jakarta, Selasa.

Dengan ekonomi yang terus berkembang maka bisnis logistik menjadi penting. Ahmad mengatakan penerbangan langsung Hong Kong - Jakarta akan meningkatkan konektivitas antara Indonesia dan seluruh dunia.

Ahmad mengatakan saat ini Hong Kong merupakan hub (pusat) logistik. Barang-barang dari negara sekitar seperti China, Jepang, Korea, bahkan Eropa, yang akan dikirim ke Indonesia atau negara lain banyak yang melalui Hong Kong.

Ia mengatakan penerbangan langsung akan membuat barang-barang akan cepat sampai ke Indonesia. "Ini akan membantu dunia usaha," katanya.

Baca juga: DHL luncurkan pusat logistik kendaraan listrik di Batam

Baca juga: DHL Express raih penghargaan sebagai tempat kerja terbaik di Indonesia


Sebelumnya, pengiriman barang dari Hong Kong ke Jakarta melalui Kuala Lumpur. Kini dengan penerbangan langsung maka dapat memangkas waktu pengiriman hingga dua jam. "Bagi dunia bisnis, waktu satu jam saja merupakan hal yang berharga," katanya.

Ia mengatakan bahan baku industri, atau suku cadang alat berat serta kendaraan, menjadi lebih cepat sampai.

"Jadi misalnya, jika ada suku cadang kendaraan berat yang perlu diganti maka tidak perlu menunggu lama. Atau industri yang memerlukan bahan baku cepat juga akan tertolong," katanya.

Penerbangan ini didukung oleh pesawat kargo jenis B737-800 dan beroperasi empat kali seminggu. Melihat potensi yang ada, Ahmad berharap frekuensi penerbangan ditingkatkan lagi atau diganti dengan pesawat yang lebih besar.

Untuk mengantisipasi perkembangan ekonomi, saat ini DHL juga sedang membangun gedung baru di Surabaya dengan investasi sekitar Rp166 miliar.

Gedung baru tersebut seluas 6.000 meter persegi dengan luas lahan 9.769 meter persegi. Bangunan baru tersebut diharapkan selesai Maret 2026.

Ahmad mengatakan tidak hanya di Surabaya, perusahaannya juga melihat kemungkinan untuk membangun gedung baru di daerah lainnya.

Menurut Ahmad, melihat perkembangan di Indonesia, dia cukup mudah menyakinkan perusahaan pusat untuk mengembangkan bisnis di Indonesia.

Baca juga: DHL Express sesuaikan harga pengiriman barang per 1 Januari 2024

Baca juga: DHL jadi mitra logistik resmi gelaran balap Formula E Jakarta

Pewarta: Unggul Tri Ratomo
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024