Ini hasil kunjungan Mentan ke Vietnam dan TH Grup bersedia melakukan investasi di Indonesia
Palu (ANTARA) - Kementerian Pertanian (Kementan) membawa investor dari Vietnam untuk berinvestasi pada sektor peternakan di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

Staf Ahli Menteri Pertanian, Nasrulloh di Kota Palu, Selasa, menjelaskan investasi itu yakni pembangunan industri sapi perah dan industri pengolahan susu, untuk mendukung program minum susu gratis dari presiden terpilih Prabowo Subianto.

"Salah satu program utama dari presiden terpilih Prabowo Subianto adalah makanan bergizi kepada siswa semua tingkatan, ibu hamil dan ibu menyusui. Salah satu komponen dari makan bergizi adalah pemberian susu," jelasnya dalam rapat koordinasi di Kantor Gubernur Sulteng, Kota Palu, Selasa.

Dia menjelaskan Kementan membawa TH Grup sebagai perusahaan industri dan peternakan sapi terbesar di Vietnam, yang menyediakan 50 persen kebutuhan susu di Vietnam.

"Ini hasil kunjungan Mentan ke Vietnam dan TH Grup bersedia melakukan investasi di Indonesia," ungkapnya.

Baca juga: Kementan sebut Kota Palu cocok untuk pengembangan budidaya anggur

Baca juga: Mentan: Masa tanam padi di Sulteng naik hingga empat kali setahun


Lanjut dia, dari hasil survei, didapatkan lokasi di Napu, Sulteng, yang cocok sebagai lokasi investasi TH grup. Dia berharap lokasi itu sesuai dengan yang diharapkan TH Grup.

"Dari status tanah oleh Bank Tanah sudah selesai," ujarnya.

Dia berharap pemerintah daerah dan pengambil kebijakan terakhir, harus menjadi perpanjangan tangan dari pemerintah pusat untuk mendukung program itu. Sehingga perlu dilakukan akselerasi percepatan, agar investor ini tidak pindah ke lain hati.

Dikutip dari situs Bank Tanah, terdapat tanah seluas 6.647 hektar di Napu, Poso, dengan topografi lahan yang cenderung rendah dengan ketinggian berkisar antara 1048-1400 mdpl.

Bidang hak pengelolaan lahan (HPL) dilalui dengan Jalan Provinsi yaitu Jalan Dongi-Dongi Watumaeta dengan lebar jalan sekitar 4 meter. Bidang HPL di Poso berjarak tempuh 117 km dari Kota Palu.

Baca juga: Dinas TPH Sulteng ingatkan distributor tepat sasaran salurkan pupuk

Baca juga: Kementan bantu perluas pasar ekspor durian Parigi Moutong Sulteng

Pewarta: Fauzi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024