Jakarta (ANTARA) -
Selain Petronas Twin Towers, Malaysia memiliki gedung pencakar langit yang menjadi salah satu gedung tertinggi di dunia, yaitu Merdeka 118, yang juga terletak di Kuala Lumpur.
 
Berdasarkan data Skycraper Center 2024, Merdeka 118, yang selesai dibangun tahun lalu, memiliki tinggi 679 meter. Gedung itu menjadi gedung tertinggi kedua di dunia, setelah Burj Khalifa di Dubai, Uni Emirat Arab.
 
Merdeka 118 juga mengalahkan ketinggian gedung Shanghai Tower di China, setinggi 632 meter dan gedung Exchange 106 yang memiliki tinggi 453 meter yang juga berada di Kuala Lumpur.
 
Mulai dibangun pada November 2017 dan resmi dibuka pada Juni 2023, pembangunan gedung Merdeka 118 menelan biaya 5 miliar ringgit Malaysia atau sekitar Rp18 triliun yang didanai oleh Pemodalan Nasional Berhad (PNB), perusahaan investasi milik pemerintah Malaysia.
 
Insinyur struktur proyek itu adalah biro Robert Bird Group dan Leslie E. Robertson Associates, sementara arsitek ialah firma Fender Katsalidis Architects. Desain bangunan Merdeka 118 sangat menampilkan kesan gedung yang futuristik.

Bentuk bangunan terinspirasi dari pola dalam seni kerajinan tangan Malaysia dan potret Tunku Abdul Rahmat yang mengangkat tangannya seraya berteriak "Merdeka" saat kemerdekaan Malaysia.
 
Jika dilihat dari kejauhan, gedung Merdeka 118 seperti bentuk lilin dengan puncak yang memiliki antena lurus ke atas langit. Gedung pencakar langit itu juga menampilkan desain arsitektur dengan perpaduan fasad kaca seperti bentuk berlian.
 
Fasilitas gedung Merdeka 118
 
Merdeka 118 digunakan untuk berbagai pelayanan, seperti hotel, pusat belanja, dan kantor. Sesuai namanya, gedung itu memiliki 118 lantai serta lima ruang bawah tanah sebagai lahan parkir, gudang, atau hal lainnya.

Gedung Merdeka 118 digunakan sebagai perkantoran pada lantai 8 sampai 96, sementara lantai teratas 118 menjadi ruang serba guna. Merdeka 118 memiliki dua dek observasi yang disebut The View, yaitu sebuah fasilitas untuk melihat pemandangan kota Kuala Lumpur dari ketinggian lantai 115 sampai 116.
 
Pada Merdeka 118 juga terdapat salah satu hotel mewah di Kuala Lumpu yakni Hotel Park Hyatt, yang berada di lantai 97-112.
 
Selain hotel, gedung ini menjadi pusat perbelanjaan yang dikenal sebagai 118 Mall dan menghadirkan berbagai macam fasilitas belanja hingga kuliner bagi pengunjung.

Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024