Nanning, China (ANTARA) - China bersedia bekerja sama dengan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) untuk memperdalam kerja sama praktis dan membangun komunitas China-ASEAN yang lebih erat demi masa depan bersama, kata Wakil Perdana Menteri China Ding Xuexiang pada Selasa (24/9).

Ding, yang juga merupakan anggota Komite Tetap Biro Politik Komite Sentral Partai Komunis China (Communist Party of China/CPC), menyampaikan pernyataan tersebut saat berpidato pada upacara pembukaan Pameran China-ASEAN (China-ASEAN Expo/CAEXPO) ke-21 dan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Bisnis dan Investasi China-ASEAN di Nanning, Daerah Otonom Etnis Zhuang Guangxi, China.

China dan ASEAN, dikatakan Ding, memiliki sejarah panjang hubungan persahabatan dan merupakan tetangga yang baik, sahabat yang baik, dan mitra yang baik.

Dia menambahkan bahwa China dan ASEAN selalu bergerak maju bergandengan tangan, yang telah menjadi model kerja sama regional Asia Pasifik yang paling sukses dan dinamis, serta contoh nyata dalam mendorong pembangunan komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia.

China sedang memajukan upayanya untuk membangun negara sosialis modern yang hebat di segala bidang dan mengejar peremajaan nasional melalui jalur modernisasi China, yang akan membawa peluang besar bagi dunia, kata Ding.

China akan terus mengikuti prinsip persahabatan, ketulusan, saling menguntungkan dan inklusif dalam diplomasi bertetangga (neighborhood diplomacy), memperdalam kerja sama praktis dengan negara-negara ASEAN, dan menulis babak baru dalam membangun komunitas China-ASEAN yang lebih dekat dengan masa depan bersama, imbuhnya.

Ding meminta China dan negara-negara ASEAN untuk meningkatkan rasa saling percaya strategis ke tingkat yang lebih tinggi.

Berbagai upaya harus dilakukan untuk mengimplementasikan Inisiatif Pembangunan Global (Global Development Initiative/GDI), Inisiatif Keamanan Global (Global Security Initiative/GSI), dan Inisiatif Peradaban Global (Global Civilization Initiative/GCI), lebih lanjut menyinergikan strategi pembangunan mereka, dan memperkuat kerja sama Sabuk dan Jalur Sutra yang berkualitas tinggi guna mempromosikan kemakmuran dan stabilitas regional dan global dengan lebih baik, katanya.


 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Azis Kurmala
Copyright © ANTARA 2024