Jadi kita jangan lihat dari satu segi saja yakni segi guru, tapi kita juga harus lihat lagi kenapa guru tidak mau
Jakarta (ANTARA) - Akademisi dari Universitas Indonesia, Mintarsih Abdul Latief mengatakan bahwa peran guru dalam mengatasi perundungan yang terjadi di satuan sekolah perlu mendapatkan perlindungan dari aparat penegak hukum.

“Guru juga butuh perlindungan, kalau nanti terjadi dengan gurunya maka ada yang melindungi mereka, terutama dari aparat,” kata Mintarsih Abdul Latief dalam kegiatan Diskusi Mencari Format Pencegahan Kasus Perundungan di Lembaga pendidikan di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa.

Baca juga: Literasi digital untuk hindarkan ancaman obesitas hingga perundungan

Menurut dia, bukannya guru ingin melepaskan tanggung jawab tersebut atau menutup mata akan terjadinya hal tersebut. Sering kali, guru-guru juga takut melerai atau membuka kasus perundungan yang terjadi karena orang tua dari pelaku memiliki jabatan strategis di daerah tersebut.

Sehingga, ketakutan-ketakutan semacam itu bisa diputus dengan adanya perlindungan bagi guru-guru yang melerai atau melaporkan kejadian perundungan di tempat mereka bekerja.

"Jadi kita jangan lihat dari satu segi saja yakni segi guru, tapi kita juga harus lihat lagi kenapa guru tidak mau. Dan ini yang harus kita kembalikan bahwa guru harus kembali mengatasi anak sekolah dan hambatan yang dirasakan oleh guru juga harus dibantu,” jelas dia.

Baca juga: DPMPPA Kota Jambi siap dampingi psikologis pelajar korban perundungan

Dalam memutus mata rantai perundungan di sekolah, peran pihak luar sekolah juga sangat penting seperti orang tua, pemerintah, DPR hingga aparat penegak hukum agar tidak terjadi kembali perundungan yang saat ini marak terjadi di berbagai daerah.

Menurutnya, anak-anak ini merupakan generasi masa depan dari bangsa Indonesia. Perundingan yang terjadi dapat memberikan efek buruk bagi korban dan juga pelaku.

“trauma berkepanjangan bagi yang di-bully ini memang terjadi, pada orang-orang yang tidak salah tapi dipenjarakan itu sama juga. Mereka bisa jadi lebih bandel atau rendah diri itu bisa terjadi efeknya di masa depan,” tutup dia.

Baca juga: Polisi ingatkan masyarakat soal bahaya judi online dan perundungan

Pewarta: Chairul Rohman
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024