Solok (ANTARA) - Festival Marandang di hamparan sawah Solok, Kelurahan Tanah Garam, Kota Solok Sumatera Barat menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) Rang Solok Baralek Gadang tahun 2024.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Solok, Milda Murniati, di Solok, Selasa mengatakan masakan rendang memang bukan hal yang asing lagi bagi masyarakat Sumatera Barat, terutama di Kota Solok ini.

"Masakan ini begitu mudah ditemui bahkan di sejumlah warung rumah makan," katanya terkait Festival Marandang di hamparan sawah Solok.

Namun melihat proses memasak hingga disajikan apalagi dimasak secara tradisional lanjutnya menjadi daya tarik tersendiri.

Hal ini terlihat cukup banyak pengunjung yang ingin melihat proses memasak rendang secara langsung.

Menurut Milda kegiatan festival tersebut untuk mengangkat salah satu budaya lokal yang sebetulnya mempunyai potensi besar secara ekonomi dan diharapkan masakan khas Minang yang sudah mendunia ini semakin digemari.

"Kita mencoba mengangkat berbagai potensi yang ada di tengah-tengah masyarakat, khususnya di bidang kuliner," ujar dia.

Selain itu, masakan rendang di setiap daerah memiliki cita rasa khas tersendiri begitu juga masakan rendang yang diracik oleh masyarakat Kota Solok ini.

Dalam kegiatan festival marandang (memasak rendang) ini cukup banyak peminat yang ikut ambil bagian. Namun jumlah peserta dalam kegiatan ini dibatasi.

Melalui kegiatan ini diharapkan kecintaan masyarakat terhadap kearifan lokal yang ada di daerah semakin terawat. Namun potensi ini hendaknya dapat dikembangkan dan membuka peluang ekonomi bagi masyarakat.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa pemerintah akan selalu mendorong dan memfasilitasi masyarakat dalam mengembangkan usaha ekonomi melalui sektor pariwisata.

Artinya pemerintah juga siap menggali setiap potensi yang ada di daerah dan mendorong masyarakat untuk ikut mengambil peran dalam peningkatan ekonomi.

Sejumlah emak-emak yang terbagi dalam beberapa kelompok, masing-masing kelompok berjumlah dua orang itu ambil bagian dalam Festival Marandang yang digelar di Kota Solok.

Mulai dari meracik bumbu hingga mengaduknya di dalam wajan besar yang dibakar di atas tungku, terlihat dilakoni serius oleh kaum ibu-ibu.

Baca juga: Festival Rang Solok Baralek Gadang kembali masuk KEN tahun 2024
Baca juga: Wako Padang ajak generasi muda warisi budaya Marandang
Baca juga: Payakumbuh gelar Festival Marandang 2019




 

Pewarta: Rahmatul Laila
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024