Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan para peserta mampu mendapatkan pekerjaan yang lebih baik atau bahkan memulai usaha mandiri
Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI menggandeng PT Paragon Technology and Innovation dan Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) Kampung Indonesia Peduli memberikan pelatihan menjahit bagi para penerima zakat (mustahik) di Kabupaten Semarang Jawa Tengah.

"Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan para peserta mampu mendapatkan pekerjaan yang lebih baik atau bahkan memulai usaha mandiri," kata Ketua Baznas Provinsi Jawa Tengah Ahmad Darodji melalui keterangannya di Jakarta, Selasa.

Program ini, kata Ahmad, juga diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran di Kabupaten Semarang.

Sementara, Pimpinan Baznas RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan mengatakan, program pelatihan ini merupakan bagian dari kolaborasi Baznas dengan sektor swasta, yang berfokus pada pemberdayaan ekonomi melalui pelatihan vokasi.

"Selain mendapatkan keterampilan, peserta juga akan memperoleh sertifikasi kompetensi dari BLKK, yang dapat menjadi modal penting dalam mencari pekerjaan di sektor industri," ucapnya.

Menurut Saidah, tujuan utama dari program ini yaitu untuk memberikan keterampilan menjahit yang dibuktikan dengan sertifikasi kepada para mustahik Baznas.

Dengan adanya kegiatan ini, lanjutnya, diharapkan para mustahik dapat meningkatkan kemampuan dan daya saing di pasar kerja.

"Mudah-mudahan pelatihan ini dapat berjalan dengan lancar dan mampu membawa keberkahan bagi semua yang terlibat, sehingga program ini tidak hanya memberi manfaat secara langsung, tetapi juga dapat memotivasi mereka untuk terus belajar dan berkembang," ucap Saidah.

Pelatihan menjahit tersebut diikuti oleh 80 peserta yang telah lolos proses seleksi berkas dan wawancara. Peserta diprioritaskan bagi mereka yang berdomisili di Kabupaten Semarang, dan termasuk dalam kategori penerima zakat yang ditetapkan oleh Baznas.

Pelaksanaan program ini dimulai pada tanggal 16 September hingga 19 Oktober 2024, yang dilaksanakan di BLKK Kampung Indonesia Peduli di Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang.

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024