beriringan dengan pembangunan Ring Road Utara akan terkoneksi atau berdampak pada pertumbuhan ekonomi Kabupaten Lamongan
Lamongan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lamongan menyebutkan bahwa pembangunan Stadion Surajaya di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, telah mencapai 51 persen dan diharapkan rampung pada Desember 2024.

"Progres Stadion Surajaya Lamongan signifikan, sudah mencapai 51 persen. Kita bisa lihat sudah mulai pemasangan kursi dan penanaman rumput, semuanya sesuai dengan standar internasional," kata Bupati Lamongan Yuhronur Efendi di Lamongan, Selasa.

Pak Yes, sapaan akrabnya, mengharapkan pembangunan markas Laskar Joko Tingkir Persela Lamongan tersebut dapat mendukung agenda  tingkat nasional bahkan internasional ke depan.

Selain itu, keberadaan Stadion Surajaya tersebut juga semakin lengkap dengan adanya pembangunan infrastruktur pendukung konektivitas yang akan mendorong pertumbuhan ekonomi di sisi utara Kabupaten Lamongan.

"Saya yakin pembangunan stadion yang beriringan dengan pembangunan Ring Road Utara akan terkoneksi atau berdampak pada pertumbuhan ekonomi Kabupaten Lamongan," terangnya.

Baca juga: Pemkab Lamongan musnahkan barang ilegal rugikan negara Rp1,5 miliar

Baca juga: Daikin dukung pendidikan vokasi di RI buka pusat keunggulan di Jatim


Project Manajer Stadion Surajaya Agung Prasetyo optimistis penuntasan pembangunan Stadion Surajaya akan sesuai target yakni akhir tahun atau pada Desember 2024.

"Pengerjaan hanya tinggal finishing saja, terkait kursi mungkin akan selesai pada bulan November. Begitupun dengan rumput yang sudah mulai kita tanam dua Minggu lalu, akan dapat terlihat hijau saat bulan Desember nanti. Jadi kami pastikan tepat waktu, walaupun saat ini memasuki musim hujan itu tidak mempengaruhi target kami," ungkapnya.

Agung menambahkan bahwa paket pengerjaan konstruksi dari kementerian bukan hanya berupa pembangunan fisik stadion semata, melainkan juga mencakup kebutuhan lainnya seperti ruang ganti dan lainnya. Pembangunan itu, berkolaborasi dengan Dispora Kabupaten Lamongan.

Seperti diketahui, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menganggarkan Rp292 miliar untuk pembangunan Stadion Surajaya dengan standar Fédération Internationale de Football Association (FIFA).

Stadion yang berdiri di atas lahan seluas 5,3 hektare tersebut memiliki kapasitas penonton sebanyak 12.097 orang dengan sistem single seat.

Stadion Surajaya juga akan dilengkapi dengan fasilitas area tribun, parkir, area komersil dan masjid. Sementara sisi luar stadion juga akan dibangun kawasan yang bisa digunakan untuk kegiatan masyarakat seperti untuk olahraga lari.

Baca juga: Bapanas luncurkan Rumah Pangan B2SA guna tekan stunting di Lamongan

Baca juga: KKP segel sementara operasi kapal pengeruk pasir laut di Lamongan

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah/Alimun Khakim
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024