Baturaja (ANTARA) - PT Semen Baturaja (SMBR) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan budayakan keselamatan kerja bagi seluruh karyawan, terutama di area tambang milik perusahaan plat merah tersebut.

Direktur Utama SMBR Suherman Yahya di Baturaja, Kabupaten OKU, Selasa menyampaikan pentingnya terus menerapkan budaya keselamatan di setiap lini kerja, terutama di area pertambangan.

"Keselamatan adalah prioritas utama dan kami berkomitmen untuk selalu memitigasi risiko dengan tujuan mencegah terjadinya kecelakaan kerja bagi seluruh karyawan SMBR," katanya.

Sebagai bentuk komitmen, kata dia, pihaknya melakukan inspeksi bersama manajemen di area tambang untuk meningkatkan kewaspadaan bagi seluruh pekerja dalam menjalankan tugas di lapangan.

"Inspeksi ini sebagai bagian dari implementasi Surat Edaran Direktur Teknik dan Lingkungan/Kepala Inspektur Tambang Kementerian ESDM Nomor: 12.E/MB.07/DBT.KP/2024," kayanya.

Dia menjelaskan, inspeksi tersebut bertujuan untuk memperkuat komitmen perusahaan terhadap keselamatan tambang serta mengapresiasi kinerja tim Department of Mining & Waste Management yang telah menjaga pasokan bahan baku produksi semen secara optimal.

SMBR juga menegaskan pencapaiannya dalam mempertahankan standar keselamatan kerja yang tinggi dengan Zero Fatality, yaitu tanpa adanya kecelakaan fatal dalam operasional tambang.

Direktur Operasi SMBR, Muhammad Syafitri menambahkan, mitigasi risiko adalah elemen kunci dalam mencegah kecelakaan kerja.

Kegiatan inspeksi seperti ini menjadi pengingat bagi seluruh karyawan untuk selalu waspada dan mematuhi prosedur keselamatan yang telah ditetapkan.

"Keberhasilan mempertahankan Zero Fatality adalah hasil kerja keras seluruh tim dan kami harus terus mempertahankannya dengan kedisiplinan yang tinggi," tegasnya.

Inspeksi ini diharapkan dapat mempertahankan Zero Fatality dan meningkatkan keselamatan secara berkelanjutan.

Ia pun berharap para pekerja, pengawas, dan Penanggung Jawab Operasional (PJO) agar lebih patuh terhadap prosedur keselamatan yang telah ditetapkan dengan fokus pada sosialisasi dan implementasi aturan yang lebih ketat.

Baca juga: Semen Baturaja bagikan dividen Rp24,31 miliar untuk tahun buku 2023
Baca juga: PT Semen Baturaja konsisten menjalankan program tanggung jawab sosial
Baca juga: Semen Baturaja raih kredit sindikasi berkelanjutan Rp901,4 miliar

 

Pewarta: Edo Purmana
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024