“Dengan kehadiran Pak Nico hari ini, insyaallah bisa mengakselerasi pelayanan di Kementerian Hukum dan HAM untuk bisa menjadi lebih baik,”
Jakarta (ANTARA) - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Supratman Andi Agtas mengatakan Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM Nico Afinta dapat mengakselerasi pelayanan di Kementerian Hukum dan HAM untuk menjadi lebih baik.

“Dengan kehadiran Pak Nico hari ini, insyaallah bisa mengakselerasi pelayanan di Kementerian Hukum dan HAM untuk bisa menjadi lebih baik,” ujar Supratman setelah melantik Nico Afinta sebagai Sekretaris Jenderal Kemenkumham yang berlangsung di Graha Pengayoman, Jakarta, Selasa.

Supratman berharap Nico sebagai Sekjen Kemenkumham dapat membawa perubahan yang lebih baik, karena posisi yang diamanahkan kepada Nico sangat strategis dan krusial, yang merupakan tulang punggung dalam manajemen dan administrasi di Kementerian Hukum dan HAM.

Supratman menjelaskan bahwa Nico menggantikan sekretaris jenderal sebelumnya, yakni Andap Budhi Revianto, yang kini sedang bertugas sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra).

Meskipun demikian, Andap masih merupakan bagian dari Kementerian Hukum dan HAM. Bersama Nico, Andap dilantik menjadi Staf Ahli Bidang Sosial Kementerian Hukum dan HAM.

Dalam kesempatan tersebut, Nico Afinta berkomitmen akan meneruskan program-program Kementerian Hukum dan HAM yang sudah ada. Ia juga mengatakan sudah berkoordinasi dengan seluruh pihak, baik kepada presiden, menteri, dan para pemangku kepentingan terkait.

“Saya kira, di sisa tahun 2024, sampai Desember ini, saya akan meneruskan apa yang sudah ada dulu,” ucap Nico.

Sebelum menempati jabatan Sekretaris Jenderal Kemenkumham, Nico Afinta sempat menjabat sebagai Kapolda Jawa Timur (Jatim) yang dimutasi oleh Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menjadi Staf Ahli Bidang Sosial Budaya (Sahli Sosbud) Kapolri.

Saat itu, Nico dimutasi di tengah tragedi di Stadion Kanjuruhan di Kabupaten Malang, Jawa Timur, yang menewaskan 131 korban jiwa.

Selain menjadi Staf Ahli Bidang Sosial Budaya Kapolri, ia juga sempat dimutasi menjadi Kepala Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK) Lemdiklat Polri, sebelum dilantik menjadi Sekretaris Jenderal Kemenkumham menggantikan Komjen Pol Andap Budhi Revianto.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024