Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPRD Provinsi DKI Jakarta periode 2024-2029 Wibi Andrino menilai pentingnya kolaborasi antar pemerintah pusat, daerah dan masyarakat untuk mengatasi kemacetan di Jakarta.
 
“Tantangan yang kita hadapi besar, tetapi dengan kerja sama yang baik, saya yakin Jakarta bisa menjadi kota yang lebih baik untuk ditinggali,” kata Wibi dalam keterangan resminya di Jakarta, Selasa.
 
Ia menegaskan pentingnya kolaborasi dalam menjalankan beragam program untuk mengatasi masalah yang ada di Jakarta.
 
Menurut dia, Jakarta menghadapi tantangan besar seperti kemacetan lalu lintas, banjir, polusi udara, serta kepadatan penduduk yang terus meningkat.

Ia menegaskan, kemacetan lalu lintas menjadi isu yang paling mendesak untuk ditangani.

Baca juga: Pemprov DKI diminta petakan rawan macet akibat transportasi daring
 
“Kemacetan sudah menjadi masalah kronis di Jakarta, dan ini menghambat produktivitas serta meningkatkan polusi udara,” ujarnya.
 
Wibi menegaskan bahwa infrastruktur transportasi harus segera dibenahi, termasuk pengembangan sistem transportasi massal yang lebih terintegrasi.

"Salah satunya mendukung pembangunan MRT," katanya.
 
Kemudian, terkait masalah banjir, Wibi menekankan pentingnya perbaikan sistem drainase serta penegakan tata ruang yang lebih ketat.
 
“Banjir di Jakarta bukan hanya masalah infrastruktur, tetapi juga karena alih fungsi lahan yang tidak terkontrol,” jelasnya.

Baca juga: Jaksel berlakukan "contra flow" untuk kurangi macet di Ciledug Raya
 
Selain itu, ia juga menyoroti masalah polusi udara yang semakin parah sehingga membutuhkan langkah-langkah konkret seperti pengurangan penggunaan kendaraan pribadi dan pembenahan industri harus segera dilakukan.
 
Jakarta juga menghadapi tantangan besar dalam hal kepadatan penduduk dan penanganan sampah yang dikhawatirkan menjadi masalah lingkungan.
 
“Volume sampah yang dihasilkan sudah melampaui kapasitas dan ini harus ditangani melalui edukasi masyarakat serta infrastruktur pengelolaan limbah yang lebih baik,” katanya.
 
DPRD DKI Jakarta telah mengumumkan lima calon pimpinan DPRD DKI Jakarta periode 2024-2029 dalam rapat paripurna pada Senin (23/9).

Mereka adalah Khoirudin sebagai Ketua DPRD DKI Jakarta dari PKS; Ima Mahdiah Wakil Ketua DPRD DKI dari PDIP; Rani Mauliani jadi Wakil Ketua DPRD DKI dari Partai Gerindra.

Baca juga: Legislator optimis Jakarta bebas macet dan polusi usai IKN pindah
 
Kemudian Wibi Andrino sebagai Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari Partai NasDem dan Basri Baco sebagai Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari Partai Golkar.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024