Nanjing (ANTARA) - Provinsi Jiangsu di China timur baru-baru ini merilis sebuah rencana implementasi untuk meningkatkan pengembangan ekonomi perak berkualitas tinggi sebagai respons terbaru terhadap populasi yang menua.

Sebagai salah satu provinsi dengan proporsi warga lanjut usia (lansia) tertinggi di China, Jiangsu memiliki hampir 21 juta penduduk berusia 60 tahun ke atas per akhir 2023, yang menunjukkan potensi konsumsi yang sangat besar.

Ekonomi perak mencakup beragam kegiatan ekonomi, seperti menyediakan produk dan layanan bagi para lansia.

Provinsi pesisir ini berencana mengembangkan sistem industri yang cukup lengkap bagi ekonomi perak per 2027 nanti, membangun lebih dari 10 kawasan industri khusus, dan menambahkan sekitar 20 perusahaan besar yang menggunakan teknologi khusus dan canggih untuk menghasilkan berbagai produk baru dan unik, papar pemerintah Provinsi Jiangsu.

Sebagai pusat manufaktur, Jiangsu cocok untuk pengembangan industri yang berorientasi pada lansia. Rencana Jiangsu berfokus pada 10 bidang utama, termasuk produksi produk perawatan lansia dan alat bantu rehabilitasi, penyediaan perawatan kesehatan berteknologi pintar, dan pasokan untuk modifikasi rumah yang dibutuhkan oleh para lansia.

Jiangsu mendorong pengembangan kendaraan ramah lansia, robot rehabilitasi yang dapat dikenakan (wearable), serta robot untuk pendampingan emosional dan inspeksi keselamatan. Rencana pemerintah provinsi tersebut juga mencakup penerapan teknologi gen dalam upaya antipenuaan.

Penerjemah: Xinhua
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024