Hong Kong (ANTARA) - Otoritas Bandar Udara (Bandara) Hong Kong (Airport Authority Hong Kong/AAHK) pada Senin (23/9) mengumumkan bahwa Bandara Internasional Hong Kong (Hong Kong International Airport/HKIA) menangani sekitar 4,92 juta penumpang, mewakili peningkatan 23 persen secara tahunan (year on year/yoy), sementara throughput kargo di bandara itu naik 10,6 persen menjadi 406.000 ton pada Agustus 2024.

Pada Agustus 2024 juga, lalu lintas penumpang harian melampaui 170.000 pada periode puncak.

Pada 18 Agustus, HKIA menangani 174.600 penumpang, membukukan rekor tertinggi pascapandemi lainnya. Semua segmen penumpang, termasuk warga dan wisatawan Hong Kong serta penumpang transfer/transit, mencatatkan pertumbuhan signifikan dibandingkan bulan yang sama tahun lalu.

Lalu lintas menuju dan dari Asia Tenggara, China Daratan, dan Jepang membukukan peningkatan bulanan paling signifikan.

Lalu lintas ekspor masih menjadi pendorong pertumbuhan utama, yang mencatat peningkatan 14,6 persen dibandingkan bulan yang sama tahun lalu.

Di antara kawasan-kawasan perdagangan utama, lalu lintas kargo menuju dan dari kawasan perdagangan utama di Eropa, Asia Tenggara, dan Timur Tengah mengalami peningkatan yang paling signifikan pada bulan tersebut.

Dua maskapai penerbangan penumpang baru, yakni Indonesia AirAsia dan Thai Lion Air, akan mulai mengoperasikan rute baru yang masing-masing menghubungkan Indonesia dan Thailand pada Oktober 2024.

Selain itu, dua destinasi penumpang baru, yakni Koror di Palau dan Riyadh di Arab Saudi, masing-masing akan ditambahkan pada Agustus dan Oktober, untuk semakin memperluas jaringan udara HKIA yang ekstensif, menurut AAHK.

 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024