Desa Idas merupakan salah satu desa penutup pencapaian 100 persen rasio desa berlistrik di Kabupaten Sanggau.
Pontianak (ANTARA) - PLN Unit Induk Distribusi (UID) Kalimantan Barat (Kalbar) melalui Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sanggau dan Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan (UP2K) Kapuas Raya telah berhasil melistriki 100 persen desa di Kabupaten Sanggau.

"Pelaksanaan program listrik desa yang terbaru, yakni berada di Desa Idas merupakan salah satu desa penutup pencapaian 100 persen rasio desa berlistrik di Kabupaten Sanggau," ujar General Manager PLN UID Kalbar Joice Lanny Wantania, di Pontianak, Selasa.

Ia menjelaskan bahwa PLN berkomitmen turut serta dalam pembangunan di Kalbar dengan menghadirkan listrik di desa, sehingga mampu menunjang peningkatan kesejahteraan, perekonomian, pendidikan serta memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi.

"Semoga dengan masuknya listrik PLN ini dapat membantu meningkatkan kesejahteraan, perekonomian, pendidikan serta memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas dan taraf hidup masyarakat," kata dia lagi.

Manager PLN UP2K Kapuas Raya Harsian menjelaskan listrik desa merupakan wujud kehadiran negara dan PLN dalam memberikan akses listrik yang merata bagi seluruh masyarakat khususnya di wilayah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar (3T).

”Pada awal 2023 masih tersisa 9 desa di Sanggau yang belum berlistrik dan pada tahun 2024 ini 9 desa tersebut sudah selesai proses listrik desanya, sehingga saat ini sudah 100 persen listrik hadir di desa- desa yang berada di Kabupaten Sanggau," ujar dia.

Selanjutnya Harsian menjelaskan untuk menerangi Desa Idas sebagai desa penutup 100 persen listrik masuk desa, PLN membangun infrastruktur jaringan berupa Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 9,23 kms, Jaringan Tegangan Menengah (JTM) 11 kms, Gardu Distribusi sebanyak 4 unit dengan total kapasitas 300 kVA.

"Dengan adanya hal tersebut maka dengan serta-merta 359 warga di Kecamatan Noyan sangat bersuka cita karena bisa menikmati listrik PLN setelah 79 tahun Kemerdekaan RI," ujar dia.

Kepala Desa Idas Patan mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada PLN yang telah berjuang dengan ikhlas dalam menerangi desanya, sehingga impian masyarakat yang sudah puluhan tahun menunggu kehadiran listrik akhirnya tercapai.

“Terima kasih yang tak terhingga kami ucapkan kepada PLN yang telah berusaha dengan ikhlas untuk melistriki desa kami. Dengan adanya listrik di desa kami tentunya dapat mendukung dalam memenuhi kebutuhan energi masyarakat desa, selain itu listrik juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kemajuan dan perputaran ekonomi khususnya di Desa Idas,” kata dia pula.
Baca juga: PLN UID Kalbar pasok energi listrik andal selama Idul Adha 1445 H
Baca juga: PLN libatkan komunitas bersihkan Sungai Kapuas di Kampung Caping

Pewarta: Dedi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024