Jakarta (ANTARA) - Musisi asal Thailand Phum Viphurit siap merilis single barunya hari ini (24/9) bertajuk "The Other Side" yang menjadi tajuk pertama pada album mininya "PAUL VIBHAVADI VOL. 1" yang akan dirilis pada 17 Oktober 2024.
 
Dalam keterangan resminya di Jakarta, Senin (23/9), Phum mencoba mengembangkan keseniannya ke teritori baru, termasuk penceritaan dan musik dansa dalam single "The Other Side". Selain dalam bentuk audio, Phum juga akan merilis video musik "The Other Side" yang disutradarai sendiri olehnya dan tayang di kanal YouTube Phum Viphurit.
 
"'The Other Side' mengikuti perjalanan Paul untuk mencari tempat yang benar-benar sesuai untuknya. Ia menemukan peta mistis menuju Himmapan, sebuah hutan magis dalam budaya Buddha yang bukan surga maupun neraka," kata Phum.

Baca juga: Hindia, Junny, dan Phum sukses gebrak panggung lintas negara New Live
 
Dia menambahkan, "Itu adalah antah berantah damai di mana waktu tidak berjalan dan ia bisa hidup dengan tenang dan sunyi karena hanya itulah yang didambakan seekor kungkang".
 
Paul Vibhavadi di atas merupakan penggambaran seekor kungkang menggemaskan berwatak manusia yang menjadi sampul album kedua Phum, yakni "The Greng Jai Piece". Kini, Paul Vibhavadi telah menjadi logo serta tokoh utama di single “The Other Side”.
 
"Pada dasarnya, ia adalah perpaduan antara kungkang dan manusia yang berusaha beradaptasi dengan kehidupan kota dan lajunya. Namun seharusnya ia tak berada di kota karena ia adalah kungkang,” kata Phum.

Baca juga: Phum Viphurit bius penonton New Live Show dengan lagu-lagu romantis
 
Menariknya, Phum juga memerankan Paul lengkap dengan kostumnya di video musik “The Other Side”. Bahkan, Phum sengaja mengosongkan akun Instagram pribadinya khusus untuk memperkenalkan materi barunya "The Other Side".
 
“Jadi, 'The Other Side’ adalah perkenalan ke dunianya Paul Vibhavadi dan liriknya menceritakan aturan sukunya dan bagaimana seharusnya kungkang bersikap," kata Phum.
 
Selain memperkenalkan pendengar ke dunia Paul, “The Other Side” juga menampilkan jenis musik yang sudah lama digemari Phum, tetapi baru sekarang dia berhasil mendalaminya.

Baca juga: Solois Thailand Phum ikuti skena lokal lewat Diskoria dan Reality Club

“Sejak dulu saya suka house music awal 2000-an dan ingin menggabungkan cara bermain gitar saya dengan musik dengan BPM seperti itu,” katanya.
 
Secara keseluruhan, “The Other Side” hanyalah awal dari berbagai kejutan segera dipersembahkan oleh Phum Viphurit. Single tersebut dapat didengar di berbagai platform streaming musik, seperti Spotify, YouTube Musik, dan lainnya.
 
“Ini rasanya seperti babak pertama dari sebuah film yang saya buat kalau melihatnya dari sudut pandang kreatif, saya berharap orang-orang menafsirkannya sesuai yang mereka inginkan," tutup Phum.

Baca juga: Phum Viphurit berkolaborasi dengan Thomas Ng dalam "Pills"

Baca juga: Baek Yerin, Phum Viphurit ikut ramaikan "Head in the Clouds" Jakarta

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024